Bintang Deska Seseorang yang suka berselancar di dunia digital dan belajar hal-hal yang baru.

7+ Karakteristik Bahan Monalisa (yang Wajib Kamu Ketahui sebelum Membeli)

9 min read

Bahan Kain Monalisa

Bagi kaum muslimah, memilih busana yang tidak membentuk lekuk tubuh serta tidak menerawang merupakan syarat wajib yang harus terpenuhi, salah satu bahan kain yang memenuhi persyaratan tersebut adalah jenis monalisa. Kain monalisa ini khususnya yang premium, memiliki kerapatan serat yang tinggi, bahkan hampir tidak terlihat secara kasat mata.

Oleh karenanya, bahan ini sangat cocok digunakan untuk membuat busana muslimah.

Ketahanan warna yang baik serta sifat adem yang ditawarkan oleh kain monalisa, membuat kain ini mendapatkan tempat tersendiri di hati para penggemarnya.

Sebenarnya seperti apa sih kain monalisa itu? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan berikut.

Check it out.

Mengenal Bahan Kain Monalisa

Mengenal Bahan Monalisa
Sumber gambar: tokopedia.com

Bahan monalisa adalah salah satu jenis kain yang memiliki kualitas jempolan dan terkenal akan kerapatan tenunan serat kainnya yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuat kain ini memiliki sifat tidak transparan atau menerawang, sehingga tidak memerlukan furing lagi sebagai lapisan tambahan pada pakaian.

Serat monalisa berasal dari katun microfiber yang dilengkapi dengan teknologi High Definition Printing, sehingga menghasilkan kualitas gambar yang bagus dan tajam.

Kain ini biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan hijab, gamis, mukena dan sejenisnya.

Meskipun sebagian besar digunakan untuk membuat busana muslimah, namun kain ini juga kerap kali digunakan sebagai material dasar pembuatan celana, rok, baju (kemeja), blouse, dll.

Jenis monalisa bisa dikatakan tergolong cukup tebal. Meski demikian sobat gak perlu khawatir akan bobotnya, ini karena monalisa akan terasa ringan dan nyaman saat dikenakan.

Karakteristik Bahan Kain Monalisa

Karakteristik Bahan Monalisa
Sumber gambar: olympics30.com

Seperti halnya bahan maxmara dan bahan spandek yang memiliki karakteristik dan ciri-ciri unik yang tidak ditemukan pada jenis kain lainnya, begitu juga dengan monalisa. Agar sobat tidak salah saat memilih pakaian berbahan monalisa, sobat perlu mengetahui ciri-ciri kainnya terlebih dahulu.

Karakteristik dan ciri kain monalisa :

  1. Kainnya cukup tebal.
  2. Memiliki serat kain yang rapat sehingga tidak menerawang.
  3. Memiliki tekstur permukaan kain yang halus saat diraba.
  4. Warna yang terdapat pada motif kain monalisa cukup awet dan tidak mudah luntur.
  5. Tidak membutuhkan furing sebagai lapisan tambahan pakaian.
  6. Memiliki karakter bahan yang cukup ringan dan jatuh.
  7. Rentan terhadap panas yang berlebih.
  8. Nyaman saat dikenakan.
  9. Memiliki daya serap keringat yang medium.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Monalisa

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Monalisa
Sumber gambar: tokopedia.com

Sebelum memutuskan untuk memiliki pakaian berjenis monalisa, ada baiknya sobat mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Setiap kain memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing yang berbeda antara kain satu dengan kain lainnya.

Berikut kelebihan dan kekurangan monalisa yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Kelebihan Bahan Kain Monalisa

Kain monalisa merupakan salah satu kain yang menjadi primadona di hati wanita. Hal ini karena kain monalisa menawarkan berbagai keunggulan serta kelebihan yang tidak dimiliki kain pada umumnya.

Berikut kelebihannya :

1. Bahannya Halus, Lembut, dan Tidak Mudah Kusut

Kelebihan dari monalisa yang pertama yaitu bahannya terasa halus dan lembut ketika disentuh. Tentu saja keunggulan ini menjadi daya pikat tersendiri, khususnya di kalangan wanita yang menyukai kelembutan akan pakaian.

Tidak hanya itu, kain ini juga memiliki karakter kain yang tidak mudah kusut, sehingga sobat tidak perlu repot-repot merapikan pakaian ketika sedang dikenakan.

2. Memiliki Berbagai Variasi Motif Menarik

Banyaknya ragam motif menarik yang ditawarkan, membuat kain menjadi cukup populer di pasaran. Teknologi yang digunakan untuk menghasilkan motif yang menarik nan indah ini pun menggunakan High Definition Printing, sehingga gambar yang dihasilkan menjadi lebih tajam dan awet.

Dengan menggunakan teknologi printing inilah yang membuat kain ini memiliki variasi motif yang tidak terbatas.

3. Warnanya Tidak Mudah Luntur dan Tahan Lama

Jenis monalisa sudah terkenal akan kualitas serat benangnya yang tinggi, begitu juga dengan ketahanan warnanya. Dengan kualitas premium yang ditawarkan kain ini, membuat warna pada kain monalisa lebih awet dan tidak gampang pudar meski dilakukan pencucian berulang kali.

Meski demikian, tingkat keawetan dari kain ini akan sangat bergantung pada cara sobat merawatnya dan lama pemakaiannya.

4. Bahannya Adem dan Jatuh

Salah satu karakter dari monalisa yang menarik yaitu bahannya memberikan kesan dingin atau adem bagi pemakainya serta gak bikin gerah, sehingga cocok digunakan untuk di dalam maupun di luar ruangan. Karakter lain yang ditawarkan oleh kain ini yaitu sifat kain yang jatuh, namun tidak membentuk lekuk tubuh penggunanya.

Dengan keunggulan kain tersebut, rupanya mampu menarik perhatian para desainer untuk menjadikannya busana muslimah yang sesuai syariat.

5. Tidak Menerawang atau Transparan

Jenis monalisa terkenal akan serat benangnya yang rapat dan cukup tebal. Hal ini yang membuat kain ini menjadi tidak transparan atau tidak menerawang. Apabila sobat ingin membuat busana muslimah dengan bahan ini, sobat tidak perlu lagi menambahkan furing sebagai lapisan tambahan pada pakaian.

6. Mudah Dikombinasikan dengan Pakaian Lainnya

Dengan banyaknya motif yang ditawarkan oleh jenis monalisa, akan memudahkan kalian dalam mengkombinasikan dengan jenis pakaian lainnya, sehingga menghasilkan setelan busana yang anggun dan cantik saat dikenakan. Tentu saja ini berlaku juga bagi kaum pria yang ingin memiliki kain yang populer ini.

7. Tidak Mudah Melar

Keunggulan dari jenis monalisa lainnya yaitu tidak mudah melar saat dilakukan pencucian maupun pemakaian berulang kali. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi konsumen, karena pakaian bisa dikenakan jauh lebih lama dibandingkan pakaian lainnya yang mudah melar.

Kekurangan Bahan Monalisa

Dengan segudang kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan oleh kain monalisa, rupanya kain ini juga memiliki kelemahan yang perlu sobat perhatikan sebelum memutuskan untuk memilikinya.

Kelemahan dari kainnya yaitu serat kainnya tidak tahan terhadap panas. Oleh karenanya, saat melakukan pencucian sebaiknya menggunakan air dingin saja. Sebisa mungkin hindari mencuci menggunakan mesin cuci.

Penggunaan Kain Monalisa

Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, mampu membuat penggunaan monalisa semakin bertambah luas, bahkan sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai macam keperluan.

Berikut beberapa penggunaan monalisa yang sering kita temui :

1. Gamis Monalisa

Gamis monalisa
Sumber gambar: bukalapak.com

Penggunaan kain monalisa yang pertama yaitu sebagai material pembuatan gamis. Seperti yang kita ketahui bahwasanya kain ini memiliki sifat yang tidak transparan, sehingga tidak membutuhkan furing sebagai tambahan.

Meskipun gamis yang dihasilkan cukup tebal, namun bahan ini akan terasa cukup ringan saat dikenakan.

2. Baju Atasan Monalisa

Kemeja monalisa
Sumber gambar: id.carousell.com

Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan jenis monalisa sering digunakan untuk membuat pakaian muslimah. Meski demikian, bahan ini juga kerap kali digunakan oleh desainer sebagai bahan dasar pembuatan baju atasan seperti kemeja wanita dan sejenisnya.

Motif yang ditawarkan pun berbagai macam, ada polkadot, bunga, garis-garis, dan pola-pola lainnya.

3. Jilbab Monalisa

Jilbab monalisa
Sumber gambar: id.carousell.com

Jilbab atau khimar monalisa ini memiliki sifat yang adem saat dikenakan, dan juga memiliki beragam motif yang ditawarkan. Faktor inilah yang membuat jilbab ataupun kerudung monalisa banyak digandrungi oleh kaum hawa sebagai trend masa kini.

Kalau sobat yang tidak terlalu suka dengan motif yang terlalu rame, sobat gak perlu khawatir. Ini karena jilbab monalisa juga tersedia dalam bentuk polos.

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwasanya motif jilbab monalisa yang paling diminati yaitu motif bunga. Di pasaran, jilbab ini sudah tersedia dalam bentuk segi empat maupun pashmina.

4. Scarf Monalisa

Scarf kain monalisa
Sumber gambar: lyst.com

Selain pakaian, kain ini juga diproduksi untuk jenis scarf. Saat ini scarf sudah banyak digunakan sebagai pelengkap penampilan. Biasanya, scarf sering digunakan saat bekerja, acara pernikahan, maupun saat hangout dengan teman-teman.

Seperti halnya pakaian monalisa, scarf monalisa juga memiliki banyak sekali variasi warna dan motif yang menarik, termasuk juga yang tanpa motif atau polos.

5. Baju Koko Monalisa

Baju koko monalisa
Sumber gambar: tokopedia.com

Selain digunakan sebagai pakaian wanita, monalisa juga diproduksi untuk pakaian pria. Salah satu contohnya yaitu baju koko. Karakter kainnya yang dingin yang dilengkapi dengan kualitas serat benang yang jempolan, membuat jenis kain ini juga digandrungi oleh kaum pria.

Biasanya kaum pria lebih memilih kain yang polos dan agak gelap dibandingkan dengan yang bermotif, alasannya yaitu agar terkesan lebih simpel dan maskulin.

Selain itu, monalisa juga diproduksi untuk baju couple. Makin terlihat kompak aja deh sama pasangan sah kalian :D.

6. Mukena Monalisa

Mukena monalisa
Sumber gambar: id.carousell.com

Sifatnya yang adem, lembut, dan halus, membuat jenis kain ini sangat cocok diproduksi sebagai mukena. Tentu saja dengan kenyamanan yang ditawarkan kain ini, akan membuat pemakainya lebih khusyuk saat melakukan ibadah.

7. Tunik atau Blouse Monalisa

Tunik monalisa
Sumber gambar: id.carousell.com

Bagi penggemar blouse, sobat bisa mencoba blouse monalisa, dijamin bakal nyaman banget saat dikenakan. Seperti halnya yang lainnya, motif yang ditawarkan blouse atau tunik monalisa beraneka ragam. Jadi, sobat bisa menyesuaikan motif yang sesuai dengan selera masing-masing ya.

Ragam Motif Bahan Monalisa

Jenis monalisa terkenal akan ragam motifnya yang lucu dan menarik. Agar sobat lebih mengetahui beberapa motif dari monalisa yang sering beredar di pasaran, yuk simak ulasan berikut ini.

Berikut beberapa motif monalisa :

1. Monalisa Motif Tentara (Army)

Kain monalisa motif army
Sumber gambar: tokopedia.com

Motif army yang terdapat pada pakaian atau gamis monalisa akan memberikan kesan yang santai dan tegas. Sobat bisa mengkombinasikannya dengan warna-warna kalem lainnya untuk menghasilkan tampilan yang lebih segar. Atau mungkin sobat punya ide kombinasi warna yang lainnya? Komen di kolom dibawah ya.

2. Monalisa Motif Sakura

Kain monalisa motif sakura
Sumber gambar: shopee.co.id

Motif selanjutnya yang sering dijumpai yaitu motif bunga sakura. Motif sakura akan memberikan kesan cantik dan anggun bagi wanita yang mengenakannya.

3. Monalisa Motif Flaminggo

Kain monalisa motif flaminggo
Sumber gambar: shopee.co.id

Motif kece lainnya yang bisa sobat kenakan yaitu flaminggo. Biasanya motif ini digunakan untuk busana wanita seperti gamis, hijab segi empat, pashmina, tunik, hingga dress. Dengan corak flaminggo yang terdapat pada pakaian, akan memberikan kesan yang imut, lucu, dan cantik saat dikenakan.

4. Monalisa Motif Bunga Cantik

Motif bunga
Sumber gambar: shopee.co.id

Jenis monalisa dengan motif bunga cantik merupakan motif yang cukup sering dicari di pasaran. Motif ini sangat cocok diterapkan untuk gamis maupun kerudung. Perpaduan warna yang cerah dan kalem akan menghasilkan kesan anggun bagi penggunanya.

5. Monalisa Motif Dafodil

Motif dafodil
Sumber gambar: tokopedia.com

Motif monalisa selanjutnya yaitu dafodil. Motif ini sering diaplikasikan pada kemeja, tunik ataupun blouse.

6. Monalisa Motif Bulu Abstrak

Motif bulu abstrak
Sumber gambar: tokopedia.com

Motif bulu ditambah perpaduan corak bangun datar yang terdapat pada monalisa, akan memberikan kesan yang lebih modern. Corak ini sangat cocok digunakan untuk berbagai macam keperluan, baik yang formal maupun yang santai.

7. Monalisa Motif Gracia

Motif gracia
Sumber gambar: shopee.co.id

Motif yang satu ini sering kali diterapkan pada bahan baju, contohnya seperti kemeja wanita. Kesan yang dihasilkan dari motif ini cenderung lebih anggun, cantik dan terlihat lebih dewasa saat dikenakan.

8. Monalisa Motif Polkadot

Motif polkadot
Sumber gambar: tokopedia.com

Motif polkadot saat ini sudah banyak diminati, khususnya jenis monalisa. Kesan santai dan casual akan terpancar jelas bagi yang mengenakan motif polkadot ini. Sobat bisa menggunakan motif polkadot untuk acara resmi maupun santai. Oh ya, agar kesan yang dipancarkan jatuhnya tidak kuno, sebaiknya sobat berhati-hati dalam mengkombinasikan motif ini dengan setelan lainnya.

9. Monalisa Motif Bulan dan Bintang

Motif bulan bintang
Sumber gambar: shopee.co.id

Bagi sobat yang menyukai benda-benda langit, sobat bisa menggunakan motif bulan dan bintang ini sebagai setelan pakaian kalian.

Sebenarnya jenis kain ini memiliki banyak sekali motif lain yang ditawarkan. Untuk menemukan motif lainnya yang sesuai dengan selera masing-masing, sobat bisa mengetikkan kata kunci “motif kain monalisa” di google.com atau bisa lihat video berikut ini.

Perbedaan Kain Monalisa dan Wolfis

Perbedaan kain monalisa dan wolfis
Perbedaan monalisa (kiri) dan wolfis (kanan). Sumber gambar: olympics30.com dan alibaba.com

Apabila kita perhatikan antara kain monalisa dan bahan wolfis, sepintas akan terlihat sangat mirip. Mulai dari serat kainnya yang rapat, tekstur permukaannya yang halus dan lembut, serta kainnya yang jatuh. Namun terdapat perbedaan di antara kedua jenis kain ini.

Berikut perbedaan monalisa dan wolfis yang kami rangkum dalam bentuk tabel.

No.Jenis KainMonalisaWolfis
1KarakteristikBahannya cukup tebal, namun ringan. Serat bahannya (fabric) rapat.Bahan wolfis atau yang nama lainnya woolpeach tersedia dalam bentuk yang tipis maupun tebal, namun tetap ringan dan tidak licin. Serat bahannya juga rapat.
2Daya Serap KeringatMemiliki kemampuan menyerap keringat yang medium (tidak terlalu baik).Bahannya tidak menyerap keringat.
3MotifMemiliki beragam motif cantik yang menarik, contoh seperti motif bunga, polkadot, abstrak, flamingo, dan masih banyak lagi.Memiliki pilihan motif yang terbatas, sebagian besar hanya berwarna polos. Meski demikian, kain wolfis menawarkan beragam varian warna.

Dengan mengetahui ketiga perbedaan diatas, diharapkan sobat pembaca tidak salah saat akan membeli jenis kain ini.

Harga Bahan Kain Monalisa

Harga bahan kain monalisa
Sumber gambar: shopee.co.id

Menurut penelusuran kami di salah satu marketplace yang cukup terkenal di Indonesia dan beberapa toko kain, jenis kain ini biasanya di jual dalam per meter, per roll atau yard, hingga kiloan (per kilo). Harga yang di tawarkan pun beraneka ragam, biasanya bergantung dari detail motif yang ditawarkan.

Kisaran harga kain ini yaitu mulai dari Rp 20.520,- per meter hingga Rp. 36.000,- per meter.

Perlu sobat ketahui, harga di atas bukanlah patokan untuk harga kain monalisa di setiap toko. Terkadang sobat akan menemukan kain dengan motif dan kualitas yang sama pada toko yang berbeda, namun harganya jauh berbeda.

Jika sobat ingin membeli kain ini dengan motif tertentu, ada baiknya sobat langsung mengecek kualitasnya di toko kain terdekat agar tidak kecewa nantinya.

Apabila sobat memutuskan untuk membeli kain di toko online, sebaiknya memilih toko online yang telah memiliki reputasi yang sangat baik dan memiliki garansi pengembalian jika kain yang dikirim tidak sesuai dengan deskripsi yang dicantumkan seller.

Tips Merawat Bahan Monalisa

Tips merawat kain
Sumber gambar: Pexels.com, by Pixabay

Perawatan pakaian berbahan monalisa sendiri tergolong cukup mudah, namun ada beberapa poin penting yang perlu sobat perhatikan agar pakaian tetap terlihat baru dan lebih awet.

Berikut beberapa tips dalam merawat pakaian berbahan monalisa.

1. Proses Pencucian

Untuk membuat pakaian menjadi lebih awet, sobat bisa melakukan proses pencucian dengan menggunakan tangan. Sebisa mungkin hindari menggunakan mesin cuci. Untuk suhu airnya sebaiknya menggunakan air dingin saat mencuci ya.

Apabila terdapat noda membandel pada pakaian, sobat bisa mengoleskan detergen cair secukupnya tepat pada bagian noda, lalu kucek hingga noda menghilang secara perlahan agar tidak merusak serat kain.

2. Proses Penjemuran

Setelah melakukan pencucian, sobat bisa menjemur pakaian monalisa di tempat yang teduh dengan menggunakan gantungan baju atau hanger. Balik bagian luar dari pakaian ke dalam agar warna kain tetap awet. Saat menjemur, hindarkan pakaian dari sinar matahari langsung ya.

3. Cara Menyetrika Pakaian Monalisa

Perlu sobat ketahui, kain ini tidak tahan terhadap suhu panas, oleh karenanya gunakan suhu paling rendah atau low saat menyetrika pakaian. Sobat bisa juga menambahkan lapisan kain tipis pada permukaan pakaian monalisa saat menyetrika. Hal ini bertujuan agar panas yang dihasilkan setrika tidak langsung mengenai pakaian berbahan monalisa ini.

Dengan mengetahui cara perawatan pakaian berbahan monalisa yang baik dan benar, outfit favorit kalian pun akan selalu tampak baru saat dikenakan, lho.

Tips Mengembangkan Usaha Bahan Monalisa

Peluang Usaha dari Jualan Kain
Sumber gambar: daiserver.com

Mungkin bab ini akan menjadi sangat menarik bagi sobat yang memang jiwa pengusahanya kuat. Kain ini memiliki peluang besar untuk dijadikan winning product di pasaran. Hal ini karena jenis monalisa memiliki banyak sekali motif yang dapat disesuaikan dengan target pasar yang potensial.

Karena teknologi yang digunakan untuk membuat motif monalisa adalah printing, sobat bisa menciptakan pola atau pattern baru yang disesuaikan dengan target pasar tertentu. Contoh pola gambar anime lucu yang ditargetkan untuk para pencinta anime, dan sejenisnya.

Dengan kualitas jempolan dari jenis monalisa yang ditawarkan, tentu saja akan cukup mudah dalam menemukan calon pembeli yang potensial, khususnya kaum wanita yang menyukai motif cantik nan anggun.

Bagaimana cara memulai bisnis pakaian? Ada cara yang bisa sobat lakukan untuk bisa segera memulai bisnis ini:

  1. Dropshipper
  2. Reseller

Kedua cara tersebut mungkin akan terlihat sama polanya, namun memiliki sistem dan cara penjualan yang berbeda. Dropshipper adalah seorang penjual yang mendapat orderan dari pembeli, lalu diteruskan ke supplier untuk dikirim barangnya langsung menuju ke pembeli, namun pengirimnya atas nama dropshipper tersebut (bukan supplier).

Sedangkan reseller yaitu orang yang menjual kembali produk atau barang yang dibeli dari supplier.

Singkatnya, dropshipper tidak menyetok barang, sedangkan reseller menyetok barang untuk dijual kembali.

Untuk lebih jelasnya mengenai dropshipper, sobat bisa melihat bagan berikut ini.

cara dropship kain
http://good.biz.id

Dengan memanfaatkan sistem dropship, sobat bisa lebih mudah untuk menjual barang tanpa resiko, karena tidak perlu stok barang. Sobat bisa riset dan mendapatkan supplier terpercaya yang menjual kain ini di marketplace yang sudah cukup terkenal seperti tokopedia, shopee, ataupun bukalapak.

Sekian informasi tentang bahan kain monalisa, semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa mengenal lebih dekat mengenai kain ini. Jika ada pertanyaan, sobat bisa bertanya pada kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat.

Bintang Deska Seseorang yang suka berselancar di dunia digital dan belajar hal-hal yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *