Bintang Deska Seseorang yang suka berselancar di dunia digital dan belajar hal-hal yang baru.

7+ Contoh Surat Cinta 2019 (yang Bisa Bikin Pasangan Meleleh)

7 min read

Contoh Surat Cinta

Mungkin sebagian besar dari sobat pembaca masih bingung cara membuat surat cinta yang baik dan benar, sehingga sobat memerlukan contoh surat cinta untuk dijadikan referensi.

Terkadang ketika mulut sudah tak bisa kata-kata, surat pun menjadi solusi yang paling ampuh dalam mengungkapkan rasa yang terpendam.

Di zaman modern ini, sudah terlalu mainstream jika menggunakan social media dalam menyatakan rasa. Oleh karenanya mengirim surat spesial kepada orang yang kita kasihi akan terkesan lebih unik dan pastinya bisa bikin melting (meleleh) XD.

Yuk langsung saja simak cara pembuatan dan contoh penulisannya berikut.

Check it out.

Mengenal Surat Cinta

Contoh surat cinta lengkap
Sumber gambar: Pexels.com, by freestocks.org

Surat cinta merupakan surat non formal atau tidak resmi yang ditujukan kepada orang tercinta maupun kepada seseorang yang telah memiliki pengaruh besar dalam hidup kita.

Dalam membuat surat jenis ini, sobat tidak perlu menggunakan kata baku dalam penulisannya, karena tujuan dari isi surat mencerminkan isi hati kita yang sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.

Jadi sobat bisa mengkombinasikannya dengan bahasa daerah masing-masing, entah itu bahasa Jawa, Sunda, bahkan bahasa Inggris agar lebih mengena di hati.

Bagi beberapa orang, menulis surat untuk menggungkapkan perasaan merupakan cara yang jadul. Statement ini memang benar adanya. Tapi cara ini akan menjadi unik karena sangat jarang orang yang mau melakukannya. Yang pastinya akan menjadi kesan tersendiri bagi penerima surat.

Surat spesial ini sendiri penggunaannya sangat luas, tidak hanya kepada orang yang disukai seperti senior, gebetan, pacar atau pasangan saja, akan tetapi bisa ditujukan kepada orang tua (ayah dan ibu), guru, maupun sahabat kita (baik laki-laki maupun perempuan).

Rata-rata di zaman 90-an dulu (zaman Dilan :D) yang gemar menulis surat ini yaitu para pelajar mulai SD hingga anak SMA.

Biasanya surat tersebut dititipkan ke temen terdekat si doi atau melalui kantor pos. Kalau di zaman sekarang, biasanya sebagian orang mencari referensi surat cinta untuk kebutuhan tugas ospek.

Surat yang digunakan pun bervariasi, mulai kertas biasa hingga kertas motif dengan corak hati di dalamnya. Cara ini bisa sobat tiru, karena akan membuat surat spesial milik sobat menjadi jauh lebih menarik dan berkesan.

Kiat-kiat Menulis Surat

Surat cinta untuk gebetan
Sumber gambar: Pexels.com, by Ylanite Koppens

Untuk mendapatkan kesan yang istimewa bagi si penerima surat, perlu diperhatikan tata bahasa dan penulisan dari surat yang spesial ini. Penggunaan diksi yang tepat dengan diberi bumbu kata-kata puitis dan romatis akan membuat surat yang sobat buat menjadi istimewa.

Berikut kiat-kiat menulis surat cinta yang baik dan benar:

  • Gunakan kata-kata sapaan yang ramah atau romantis, seperti my dear, my honey, my sweetheart, ibunda, ayahanda, sayang, cinta, ayang, dan sejenisnya
  • Pilih diksi yang tepat dalam mengungkapkan isi hati yang disesuaikan dengan si penerima surat
  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami, jelas, singkat, dan enak saat dibaca
  • Cantumkan nama si pembuat surat.

Ciri-ciri dan Format Surat Cinta

Ciri-ciri surat cinta
Sumber gambar: Pexels.com, by Breakingpic

Jenis surat ini memiliki ciri-ciri yaitu penggunaan bahasanya tidak baku, tidak terikat struktur seperti menulis surat resmi, dan biasanya ditulis dengan tulisan tangan.

Dalam menulis surat cinta sebenarnya tidak ada struktur yang baku, akan tetapi apabila sobat masih bingung mau mulai dari mana, sobat bisa mengikuti format dibawah ini ya.

Format Penulisan Surat:

  1. Tanggal surat (di pojok kanan atas, sifatnya opsional)
  2. Salam hangat berupa sapaan dan sejenisnya
  3. Inti isi surat (ungkapan perasaan)
  4. Salam penutup
  5. Nama penulis surat

Contoh Surat Cinta

Contoh surat cinta
Sumber gambar: Pexels.com, by Ylanite Koppens

Surat yang spesial ini memiliki isi surat serta tata bahasa yang berbeda-beda, tergantung kepada siapa surat tersebut ditujukan. Apabila sobat masih kesulitan dalam membuat surat cinta, beberapa surat cinta yang cukup lengkap di bawah ini akan menjadi referensi yang sangat bagus untuk sobat gunakan.

1. Contoh Surat Cinta Singkat

surat cinta lengkap
Sumber gambar: Pexels.com, by Kaboompics .com

Jakarta, 21 April 2019

Dear Novi,

Hai Novi, bagaimana kabarmu? Semoga diberi kesehatan selalu ya. Jujur aku sama sekali tak pandai dalam merangkai kata-kata puitis untuk menulis surat ini, jadi semoga kamu suka dengan surat yang aku kirimkan untukmu ini.

Semenjak kita bertemu di acara Jalan Sehat dua minggu yang lalu, entah kenapa wajahmu selalu terbayang-bayang di pikiranku.

Hatiku selalu saja berdegub kencang ketika sedang memikirkanmu. Rasanya aku ingin bertemu denganmu sekali lagi dan mengungkapkan semua rasa yang ada di hatiku. Aku mendengar dari sahabatku, si Tomi, bahwa kamu belum memiliki calon imam dalam hidupmu.

Oleh karena itu aku memiliki maksud baik untuk bisa lebih dekat denganmu. Aku benar-benar serius, nov. Jika engkau mengizinkan aku mendekatimu, aku bersedia menemui langsung orang tuamu untuk menyatakan maksud baikku mendekatimu.

Semoga isi surat ini bisa mewakili hati dan perasaanku padamu. Besar harapanku agar kamu bisa membalas surat ini.

Salam hangat,

Aldi Chandra


2. Contoh Surat Cinta untuk Orang Tua

surat cinta untuk orang tua
Sumber gambar: Pexels.com, by Pixabay

Malang, 23 Juni 2019

Teruntuk mama tercinta,

Hai ma, ini aku Gisel. Bagaimana kabar mama disana? Semoga selalu diberi kesehatan dan selalu berada dalam lindungan-Nya. Maaf ma sebelumnya, karena Gisel belum bisa pulang dari tanah rantau. Gisel kangen banget sama mama. Papa gimana ma? Semoga sehat juga ya.

Disini Gisel baik-baik aja kok ma. Teman-teman Gisel pada baik semua, bahkan mereka selalu ada kalau Gisel lagi ada masalah. Mama engga perlu khawatir, karena disini Gisel makannya bersih kok ma dan rajin olahraga juga.

Gisel kangen banget nih sama mama, pingin dipeluk lagi. Oh ya ma, disini Gisel juga belajar bisnis, lho. Mohon doanya ya ma agar Gisel dilancarkan rizekinya dan bisa ngumpulin uang buat biaya umroh sekeluarga.

Ini cita-cita Gisel dari kecil ma, Gisel pingin buat mama papa bangga. Gisel juga ingin ngucapin terima kasih tak terhingga karena telah menjaga, merawat, serta memberi yang terbaik bagi Gisel sehingga Gisel bisa semandiri sekarang ini.

Gitu aja ma surat dari Gisel, mama jangan suka nunda makan ya, nanti kalau mama sakit kan Gisel sedih ma. Titip salam ke papa ya ma. Gisel sayang mama papa.

Love you ma,

Gisel


BACA JUGA: 15+ Contoh Surat Izin Orang Tua Lengkap | Contoh, Format, Cara Membuat, dll

3. Contoh Surat Cinta untuk Calon Istri

Contoh surat cinta untuk calon istri
Sumber gambar: Pexels.com, by Pixabay

Jakarta, 24 April 2019

Dear Arida,

Hai Arida, ini aku Rizky, teman sekantormu saat kita masih PKL di BATAN setahun yang lalu. Bagaimana kabarmu hari ini? Semoga selalu diberi kesehatan ya. Sebenernya aku ingin ngomong langsung dengan kamu.

Cuma entah kenapa, mulut ini seakan terkunci rapat-rapat. Jujur semenjak aku mengenal kamu, aku langsung merasa benih-benih cinta muncul pada pandangan pertama. Memang sih terkesan agak lebay dan alay, tapi memang itulah faktanya.

Sikapmu yang santun dibalut dengan ketaatan dirimu kepada Tuhan, membuat diri ini semakin yakin untuk menjadikanmu ibu dari anak-anak kita kelak.

Jika engkau mengizinkan, aku ingin mengenalmu lebih dekat lagi. Mungkin kamu butuh waktu yang cukup lama untuk mempertimbangkan permintaanku ini, meski demikian aku akan selalu menanti jawaban darimu.

Satu hal yang pasti, apabila engkau menyuruhku untuk membuktikan keseriusan akan niatku ini, aku dengan senang hati akan segera menemui orang tuamu.

Semoga dengan surat ini, perasaanku mampu tersampaikan kepadamu. Besar harapanku agar kamu bersedia membalas surat ini.

Salam hangat,

Rizky Firdaus


4. Contoh Surat Cinta untuk Kekasih Hati

Surat cinta untuk kekasih hati
Sumber gambar: Pexels.com, by Megapixelstock

Bandung, 23 Juni 2019

Dear Gina,

Hai Gina, bagaimana kabarmu hari ini? Semoga sehat selalu dan terus berada di lindungan Allah SWT. Tak terasa sudah lima tahun berlalu semenjak kita duduk bersama di pelaminan kala waktu itu. Suka dan duka pun kita lewati bersama.

Aku sadar, hingga saat ini aku belum membahagiakanmu seutuhnya, akan tetapi kamu perlu tahu bahwa kamu lah satu-satunya orang yang membuatku tetap semangat dalam menjalani beratnya hidup.

Dalam surat ini aku hanya ingin mengucapkan terima kasih banyak karena telah setia menemaniku selama lima tahun ini.

Terima kasih karena selalu sabar dalam menghadapi sikapku yang terkadang menyebalkan, terima kasih karena selalu ada di saat teman-temanku pergi meninggalkanku, terima kasih karena selalu melantunkan do’a untukku disetiap sujudmu, dan terima kasih juga atas semua sikap manismu yang selalu kau lontarkan dari bibir tipismu itu.

Semoga dengan surat ini, bisa mengungkapkan seluruh isi hatiku yang sangat sulit aku ucapkan dengan kata-kata.

Salam sayang,

Suami Tercinta


5. Contoh Surat Cinta untuk Sahabat

Surat Cinta untuk Sahabat
Sumber gambar: Pexels.com, by Trinity Kubassek

Jember, 23 Maret 2019

Dear Natasya,

Hai natasya, masih inget engga nih sama aku? Aku jitak nih kalau lupa, haha. Ini aku Gisel, anak paling imut sekompleks. Gimana kabarmu sekarang? Semoga sehat selalu ya, Nat. Lama tak jumpa nih.

Entah kenapa tiba-tiba aku jadi pingin nulis surat ini untukmu. Apa karena aku kangen banget ya, mungkin sih. Masih inget gak, kalau kita pernah memanjat pohon mangga di samping kantor dan kamu yang paling jago manjat.

Tapi ya gitu setelah manjat engga bisa turun lagi, haha. Aku kalau ngebayangin kejadian itu lagi pasti ketawa ngakak. Ekspresimu lucu buanget, tahu gitu aku abadikan di ponselku haha.

Oh ya kapan kamu mau ke Jember, Nat? Udah kangen tingkat akut nih aku. Kalo ada waktu, main dong ke Jember, kita hunting barang-barang limited edition lagi.

Kamu masih nyimpen boneka beruang kita kan di kosanmu? Wah kalo engga siap-siap deh kalo ketemu aku garemin nih XD
Yaudah gitu aja ya Nat, semoga surat ini mampu menyampaikan rasa kangenku. Jangan lupa dibales ya surat spesial dariku ini :*.

Salam sayang,

Gisel


6. Contoh Surat Cinta Islami

Surat Islami
Sumber gambar: Pexels.com, by rawpixel.com

Malang, 23 April 2019

Assalamu’alaikum kak Dini,

Bagaimana kabarmu, kak? Semoga selalu dalam lindungan Allah S.W.T ya. Dengan memohon rahmat dan ridho Allah S.W.T, aku bemaksud menanyakan sesuatu kepadamu melalui surat ini. Apakah kak Dini sudah mempunyai calon imam untuk menjadi pendamping hidup, baik di dunia maupun di surga kelak?

Apabila belum, maka dengan melalui surat ini aku bermaksud untuk menyampaikan niat baikku untuk Ta’aruf ke kak Dini. Insya Allah dengan tujuan yang baik akan mendatangkan hasil yang baik juga.

Untuk membuktikan niatku, aku bersedia untuk segera menemui kedua orang tua kak Dini guna menyampaikan maksud baikku ini.

Semoga maksud dari surat ini tidak menyinggung hati kak Dini. Besar harapanku agar kak Dini bersedia membalas surat dariku ini.

Jika ada salah kata dalam isi surat di atas, aku mohon maaf sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum, Wr.Wb.

Salam hangat,

Toni Sugiarto


7. Contoh Surat Cinta Lucu

surat lucu
Sumber gambar: Pexels.com, by Amir Ghoorchiani

Bandung, 21 Februari 2019

Untuk kak Denov yang ganteng

Hai kak Denov, ini Rosa adik kelas kakak di kelas XI IPS 1 yang paling cantik itu lho, hehehe.

Sebelumnya Rosa minta maaf ya kak, karena agak lancang kirim surat ini ke kak Denov. Rosa cuma mau bilang kangen aja sama kak Denov. Habisnya kak Denov orangnya humoris, ngangenin, ganteng pula. Tapi tetep aja nyebelin.

Jujur Rosa sering ketawa sendiri saat ingat masa-masa sekolah dulu bareng kak Denov. Oh ya kak Denov bagaimana kabarnya? Semoga kakak selalu diberi kesehatan ya.

Kalau ada waktu, main dong ke sekolah lagi kak. Rosa beneran kangen buanget nih kak, kangen di traktir kak Denov, hahaha. Bercanda kak.

Bagaimana kak suasana di kampus, kak Denov betah? Rencana Rosa setelah lulus nanti ingin melanjutkan kuliah di kampus yang sama dengan kakak. Rosa tertarik dengan ilmu keperawatan yang ada di kampus kakak.

Mohon doanya ya kak, somoga Rosa bisa lulus ujian sekolah dan lulus tes masuk Perguruan Tinggi Negeri kelak.

Rosa ada pantun nih khusus buat kak Denov

Jalan-jalan beli es lilin

Ketemu anak bernama Anin

Meski kak Denov nyebelin

Tapi tetep Rosa kangenin

Ke stasiun beli nasi

Gitu aja sih XD

Sampai disini dulu aja ya kak suratnya, semoga pantunnya sedikit menghibur ya, walaupun garing. Besar harapan Rosa agar kak Denov membalas surat dari Rosa ini.

Salam kangen,

Rosa Prihastuti


8. Contoh Surat Cinta untuk Gebetan

surat untuk gebetan
Sumber gambar: Pexels.com, by Pixabay

Jakarta, 6 Februari 2019

Teruntuk kak Chalia,

Hai kak Chalia, bagaimana kabarmu hari ini? Semoga bahagia selalu ya. Apakah kak Chalia masih ingat dengan cowok yang selalu ngejahilin kakak saat semester 6 dulu? Yup ini aku Ardhi, haha. Gak berasa udah satu semester kita sekelas dan sering duduk bersama.

Canda tawamu, senyumanmu, dan eloknya rupamu membuat hati ini selalu berdegub kencang saat mengingatmu.

Masih ingat kan, dulu aku sering banget ngejahilin kakak. Nah itu sebenarnya caraku untuk bisa lebih dekat dengan kamu. Karena aku gak tau lagi cara lain untuk bisa mendekatimu. Dengan adanya surat ini aku hanya ingin mengungkapkan isi hatiku kepada kakak.

Mungkin terkesan mendadak, tapi rasa ini sudah lama terpendam semenjak kita pertama kali bertemu di bawah pohon beringin 6 bulan yang lalu.

Aku ingin kita menjadi lebih dari teman, hingga pada saatnya nanti aku akan mendatangi kedua orang tuamu untuk melamarmu.

Semoga dengan surat ini, bisa mewakili isi hatiku yang sangat sulit untuk diungkapkan melalui kata-kata.

Salam kangen,

Ardhi Wicaksono


Itu tadi merupakan beberapa contoh dari surat cinta yang bisa kalian jadikan referensi dalam penulisan surat. Sobat juga bisa memodifikasi serta menambahkan kata-kata puitis lainnya pada surat tersebut.

Sekian artikel mengenai surat yang kami buat, apabila sobat ingin berbagi pengalaman saat menerima surat balasan dari si doi, sobat bisa meceritakannya pada kolom komentar di bawah ini ya :D.

Semoga bermanfaat.

Bintang Deska Seseorang yang suka berselancar di dunia digital dan belajar hal-hal yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *