Bintang Deska Seseorang yang suka berselancar di dunia digital dan belajar hal-hal yang baru.

Info Pantai Tiga Warna Malang Terbaru Lengkap

5 min read

pantai tiga warna malang

Pantai Tiga Warna Malang – Hai sobat, kali ini aminama.com akan membagikan informasi tentang salah satu pantai terindah yang ada di Indonesia. Pantai ini memiliki degradasi warna yang mampu memanjakan mata setiap wisatawan. Pantai Tiga Warna sebutannya.

Yup, pasti sebagian dari kalian sudah tahu alasan pantai ini dinamakan Tiga Warna. Ya karena memang benar pantai ini memiliki tiga warna yang berbeda jika dilihat dari ketinggian tertentu. Dari hasil pengamatan yang dengan menggunakan drone terlihat tiga warna yaitu biru muda muda di daerah bibir pantai, hingga biru tua ke arah laut yang dalam.

Bagi kalian yang penasaran dan pengen banget berkunjung ke pantai yang terletak di Malang ini, langsung aja yuk disimak info pantai Tiga Warna Malang berikut.

Check it out.

Pengenalan Pantai Tiga Warna Malang

pengunjung pantai tiga warna malang
sumber: detikpiknik.blogspot.com

Pantai Tiga Warna Malang adalah salah satu pantai yang wajib kalian kunjungi jika kalian sedang mencari vitamin sea. Pantai yang masuk ke dalam kawasan konservasi Sendangbiru ini, memiliki daya tarik tersendiri terhadap wisatawan yang berkunjung.

Bagaimana tidak?

Degradasi warna biru yang epic sehingga menghasilkan tiga warna yang berbeda, ditambah suasana pantai Tiga Warna Malang yang bersih dan masih asli, seolah membius setiap pasang mata yang berkunjung ke pantai ini.

Salah satu keunikan dari pantai ini, yaitu jumlah pengunjung yang dibatasi 10 orang perombongan dan wajib menyewa 1 guide untuk setiap rombongan yang masuk. Selain itu kalian yang ingin berkunjung kesana, wajib menjaga kebersihan pantai ini.

Kalau ternyata kalian nekat melanggar aturan ini, siap-siap deh merogok kocek sebesar Rp 100.000,- untuk bayar denda, dan ini itungannya per sampah lho. Jadi kalau kalian membuang dua botol bekas di pantai Tiga Warna Malang ini, tinggal dikaliin aja dendanya.

Bisa-bisa jadi bokek nih setelah keluar dari pantai Tiga Warna Malang, haha. Toh aturan ini dibuat untuk kelestarian pantai juga kan, yang untuk kan kita juga nantinya kalau pantai ini bersih.

Pantai yang memiliki terumbu karang dan biota laut didalamnya ini terletak di kabupaten Malang, tepatnya di Jl. Sendang Biru, area sawah/kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Jawa Timur.

Selain mampu memanjakan mata, rupanya para pengunjung dipersilahkan melakukan aktifitas snorkeling di area pantai ini. Wihh, makin kece aja nih pantai. Bisa dibanyangin kan, snorkeling sambil mengamati indahnya terumbu karang beserta biota laut disana.

snorkeling pantai tiga warna malang
sumber: malangstrudel.com

Kalau kalian beruntung sih bisa melihat ubur-ubur yang sesekali muncul diantara terumbu karang.

Gak sabar jadi pengen kesana lagi nih, haha.

Oh ya, meskipun kalian pandai berenang, kalau mau snorkeling di Pantai Tiga Warna Malang, wajib menggunakan pelampung ya. Selain antisipasi untuk keselamatan, ternyata kebijakan ini bertujuan kita untuk mencegah tubuh kita agar tidak menyentuh ataupun merusak ekosistem yang ada di pantai.

Jernihnya air ditambah hamparan pasir putih yang membentang disepanjang bibir pantai pun turut menambah keindahan pantai ini.

Peraturan dan Persyaratan Pantai Tiga Warna Malang

peraturan pantai tiga warna malang
sumber: pexels.com, by Breakingpic

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung kesini. Salah satunya peraturan yang cukup ketat dari pihak manajemen pengelola pantai. Saya benar-benar respect terhadap sistem dari pihak manajemen di pantai Tiga Warna Malang ini.

Kok bisa?

Gimana gak respect, dengan keindahan alam yang disuguhkan dan daya tarik terumbu karang yang kuat bagi wisatawan, pihak manajemen menolak untuk mengeksploitasi keindahan pantai ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan motto dari pihak manajemen “No Negotiation if Full Booked”.

Dari sini pun kita bisa tau jika mereka tidak terlena dengan uang.

Berikut beberapa aturan dan persyaratan ketika berkunjung di pantai Tiga Warna Malang:

Pemesanan dan Kuota Pengunjung

reservasi pantai tiga warna malang
sumber: stankikursk.ru

Di pantai Tiga Warna Malang, sistemnya yaitu reservasi serta memiliki kuota batasan pengunjung. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, dibatasi maksimal 100 orang per gelombangnya. Sedangkan untuk 1 kelompok isinya maksimum 10 orang dan gak boleh lebih ya.

Sebelum kalian berkunjung, ada baiknya untuk memastikan jumlah kelompok yang akan ke pantai ini, serta memastikan kapan tanggal keberangkatannya.

Biaya tiket masuk ke Tiga Warna Malang terjangkau kok, berkisar Rp 5.000,- – Rp 10.000,-.

Infonya bisa menghubungi nomer ini 0812-3333-9889 atau bisa cek facebook-nya langsung sob.

Jika masih ada kuotanya, kalian bisa pesan langsung. Tapi kalau kuota udah penuh, mau gak mau kalian harus menunda keberangkatannya ya. Jangan ujug-ujug langsung berangkat ke Tiga Warna Malang tanpa booking dulu, bisa dimarahin nanti, haha.

Tour Guide Lokal

tour pantai tiga warna malang
sumber pexels.com, by rawpixel.com

Setiap kelompok (yang berisi maksimum 10 orang), hukumnya wajib ya menggunakan tour guide. Jadi tiap kelompok akan dikenai biaya sewa tour guide sebesar Rp 100.000,-. Kalau kalian masuk bersepuluh kan lebih ringan jadinya, hanya Rp 10.000,- per orang.

Nah kalau ternyata anggota kalian kurang dari 10 orang sih sebenarnya masih bisa masuk atau bisa gabung ke kelompok lain yang kekurangan orang juga.

Emang boleh ya gitu? Ya boleh donk, haha. Yang penting maksimum 10 orang.

Kalaupun emang kelebihan orang, contoh 11 orang, bisa nego ke pihak manajemen. Kali aja diberi keringanan.

Ikut Menjaga Alam Sekitar

papan pantai tiga warna malang
sumber: piknikasik.com

Untuk point ini sih cukup mudah dilakukan. Bagaimana cara pengunjung berpartisipasi dalam menjaga alam pantai Tiga Warna Malang? Gampang kok, cukup membayar tiket masuk aja yang senilai dengan sebuah pohon bakau.

Mudah bukan? 😀

Mengecek Barang Bawaan

barang pantai tiga warna malang
sumber: travelingyuk.com

Jangan lupa untuk mengecek bahan logistik yang kalian bawa ya, terutama bungkus makanan ataupun botol-botol air mineral. Seluruh bahan bawaan nantinya akan dicatat saat akan masuk pantai Tiga Warna Malang maupun saat pulang.

Ingat ya, kalau kalian meninggalkan sampah didalam pantai, akan dikenai denda Rp 100.000,- per sampah lho.

Kebijakan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan pantainya. Jadi, dipatuhin aja ya sob.

Camping

camping pantai tiga warna malang
sumber: pexels.com, by Snapwire

Bagi kalian yang suka camping, jangan berharap kalian bisa menginap di pantai Tiga Warna Malang ya, karena pantai ini masuk kedalam kawasan konservasi.

Tapi tenang aja sob, beberapa ratus meter dari pantai ini, ada pantai lagi nih. Namanya pantai Gatra dan Clungup. Disana kalian boleh kok untuk mendirikan tenda, apalagi bermalam. Lokasinya pun gak jauh dari pantai Tiga Warna Malang.

Untuk biaya sewa tendanya sebesar Rp 25.000,- per tenda, dan sewa lahannya Rp 25.000,- juga.

Jadi bagi kalian yang ingin camping dan gak membawa tenda, siapin dana berlebih ya.

Waktu Berkunjung

berkunjung pantai tiga warna malang
sumber: pexels.com, by Pixabay

Setiap kelompok yang berisi 10 orang tadi, diberi waktu selama dua jam untuk menikmati seluruh keindahan alam pantai Tiga Warna Malang ini. Salah satu tugas tour guide ini yaitu untuk mengingatkan kalian jika waktu yang telah ditentukan akan habis.

Inget, hanya dua jam ya, gak boleh nambah, haha.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Tiga Warna Malang

rute pantai tiga warna malang
sumber: pexels.com, by rawpixel.com

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Tambakrejo, lebih tepatnya yaitu berlokasi di kawasan konversi Sendangbiru, kabupaten Malang. Oleh karenanya, kalian harus melalui rute menuju pantai Goa Cina. Rute ini sering banget lho dilalui wisatawan yang akan menuju Tiga Warna Malang.

Rute pantai Tiga Warna Malang:

  1. Dari kota Malang menuju ke arah Gadang, lalu ke Turen
  2. Ikuti jalan menuju pantai Sendang Biru hingga ±2 jam
  3. Setelah menemukan persimpangan ke dua pantai (Goa Cina & Sendang Biru), ambil jalan ke Goa Cina
  4. Ikuti jalan lurus sejauh ±2 km hingga sampai di persimpangan
  5. Lalu belok ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI), hingga nanti masuk ke perkampungan Warna
  6. Ambil jangan ke Clungup Mangrove Conservation, sebelum bank BRI

Jadi patokan menuju pantai Tiga Warna Malang yaitu melewati pantai Clungup dan Clungup Mangrove Conservation (CMC).

Nah setelah sampai CMC ini kalian udah bisa melihat pintu masuk Tiga Warna, lho.

Oh ya, dari daerah konversi ini jalannya lumayan sempit sob. Hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Kalau kalian membawa mobil, harus diparkir terlebih dahulu di tempat parkir sejauh 1 km sebelum Mangrove Conservation, dan perjalanannya dilanjutkan dengan jalan kaki ya.

Lumayan sih kalau jaraknya segitu, tapi gak apa-apa lah, itung-itung pemanasan, haha.

Tips Berkunjung ke Pantai Tiga Warna Malang

pantai tiga warna malang favorit
sumber: maripiknik.com

Fasilitas yang tersedia di pantai Tiga Warna Malang ini sudah bisa dibilang lengkap, lho. Mulai dari toilet, warung makanan, bahkan hingga alat penyewaan snorkeling ada juga lho.

Berikut tips dari Aminama.com saat berkunjung ke Tiga Warna Malang:

  • Kondisi tubuh harus dalam keadaan prima agar tidak lelah saat menjelajahi seluruh sudut pantai
  • Cek kondisi kendaraan kalian ya, kalau perlu service dulu sebelum berangkat
  • Membawa logistik secukupnya, kamera, pakaian ganti, serta snorkeling
  • Disarankan berkunjung saat cuaca cerah di pagi hari (suasananya mantap banget sob)
  • Kalau bisa berkunjungnya bersama rombongan agar tarif tour guide jatuhnya lebih murah

Selain pantai Tiga Warna, masih banyak kok tempat wisata di area Malang. Mulai dari Ranu Kumbolo, gunung Semeru, gunung Bromo dan masih banyak lagi. Kalau kalian ingin tahu informasi wisata malang, bisa cek disini.

Sekian artikel untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Bintang Deska Seseorang yang suka berselancar di dunia digital dan belajar hal-hal yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.