Bintang Deska Seseorang yang suka berselancar di dunia digital dan belajar hal-hal yang baru.

Info Pantai Teluk Asmara Malang Terbaru Lengkap

5 min read

pantai teluk asmara

Pantai Teluk Asmara – Hai sobat, dipostingan kali ini, aminama.com akan membagikan informasi tentang salah satu pantai yang masih tergolong baru sebagai objek wisata dan menjadi primadona dikalangan wisatawan nih. Mungkin kalian belum familiar dengan nama pantainya, pantai Teluk Asmara.

Unik bukan namanya, haha.

Teluk yang berada di salah satu kabupaten Malang ini mulai mendapatkan perhatian karena keindahan alamnya yang mampu memanjakan ribuan pasang mata yang berkunjung. Bahkan pantai ini sering digadang-gadang sebagai Raja Ampat-nya Malang, lho.

Bagi kalian yang penasaran dengan keindahan dari pantai Teluk Asmara ini, yuk langsung saja disimak ulasan berikut ini.

Pengenalan Pantai Teluk Asmara 

pantai teluk asmara malang
Sumber: instagram.com, by @muilchariri.13

Pantai Teluk Asmara adalah salah satu pantai yang mampu mengikat hati para wisatawan untuk mengukir kisah didalamnya. Pantai yang terkenal dengan pasir berwarna putihnya ini, masih tergolong baru.

Objek wisata yang baru dibuka pada tahun 2017 berkat terselesaikannya proyek Jalur Lintas Selatan di Malang Selatan ini sudah memiliki penggemarnya sendiri di kalangan wisatawan lho.

Karena baru dibuka, pantai ini masih tergolong sepi, dan pastinya masih terjaga kemurnian alamnya donk. Jernihnya air laut yang dibalut dengan hamparan pasir putih disepanjang bibir pantai seakan mampu membius setiap pasang mata yang berkunjung di pantai Teluk Asmara ini.

Pantai Teluk Asmara ini terletak di kabupaten Malang, tepatnya di desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Jawa Timur. Lokasinya dekat dengan pintu masuk pantai Goa Cina kok.

Sudah tidak asing lagi di telinga para pemburu vitamin sea bahwa Malang terkenal dengan keindahan pantainya, mulai dari pantai Clungup, Gatra, Goa Cina, Tiga Warna, dan masih banyak lagi.

Kombinasi gugusan pulau-pulau kecil serta pepohonan hijau yang menghiasinya, menyebabkan pantai Teluk Asmara ini sering disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Malang.

Mungkin beberapa dari kalian menanyakan kenapa pantai ini disebut pantai Teluk Asmara, kan?

Sebenarnya di daerah Malang biasa disebut sebagai pantai Teluk Asmoro, karena di dalam bahasa Jawa, huruf vokal “a” sering dibaca “o”. Menurut masyarakat sekitar pantai ini, jika dilihat dari ketinggian, gugusan pulau-pulau kecil yang menghiasi pantai ini, secara visual membentuk hati atau lambang cinta.

Makanya sob diberi nama Teluk Asmara (Teluk Cinta), hiya hiya.

Kalau kalian berkunjung disini, ternyata gak cuma disuguhi penampakan alam yang indah, lho. Biota-biota laut serta terumbu karang di pantai ini, turut melengkapi keindahan dari Teluk Asmara. Dan hebatnya lagi, para wisatawan yang berkunjung diperbolehkan melakukan aktivitas snorkeling.

Wihh, jadi pengen kesana kan :D.

Oh ya, untuk waktu terbaik berkunjung ke pantai Teluk Asmara yaitu menjelang matahari terbenam ya. Saat itu kalian akan dimanjakan dengan siluet dari gugusan pulau-pulau kecil yang membentuk garis yang sangat memukau, sumpah keren banget, lho.

Yuk segera planning liburan panjang besok untuk ke pantai Teluk Asmara bersama sahabat biar makin seru. Kali aja dapet jodoh disana, haha.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Teluk Asmara

pantai teluk asmara kabupaten malang
Sumber: pexels.com, by Porapak Apichodilok

Untuk menuju pantai Teluk Asmara, kalian bisa mengambil salah satu dari dua rute perjalanan yang ada dibawah ini.

Rute menuju pantai Teluk Asmara:

  • Malang-Kepanjen

Bagi kalian yang mengambil rute ini, kalian dapat melewati desa Gondang legi, Pagelaran, Bantur, dan Srigonco. Setelah sampai di perempatan menuju Baelkambang, lalu belok kiri menuju pantai Goa Cina.

Kemudian kalian bisa melanjutkan perjalanan ke utara menuju kota Malang. Nantinya kalian akan menempuh perjalanan sejauh 1 km, lalu akan menemukan suatu gerbang atau papan yang tulisannya “Pantai Teluk Asmoro” yang mana lokasinya berada di pinggir jalan.

  • Malang-Turen

Kalau kalian memilih rute ini, kalian bisa berbelok kearah kiri sebelum pabrik Gula Krebet, lalu ikutin papan petunjuk jalan ke arah Sendang Biru. Setelah itu kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Dadi kecamatan ini, dilanjutkan kembali perjalanannya sejauh 9 km, lalu kalian akan menemukan persimpangan ke arah Sendang Biru.

Setelah menemukan persimpangan tersebut, kalian bisa belok ke arah Goa Cina, yang kemudian nantinya kalian akan menemukan pintu masuk (gerbang) pantai Teluk Asmara yang lokasinya berada di pinggir kiri jalan.

Sebenarnya sih pintu masuk ke pantai Teluk Asmara ini dua , yaitu lewat pantai Clungup dan dan pantai Goa Cina. Kalau kalian memutuskan lewat pintu masuk Goa Cina, memang sangat jauh sih, tetapi mata kalian akan dimanjakan oleh beberapa pantai yang cukup eksotis selama perjalanan.

Sedangkan jika kalian memutuskan melalui pantai Clungup, kalian akan disambut oleh hutan bakau yang sangat rimbun. Selain itu, rute ini juga melalui jalan setapak yang tentunya akan membuat perjalanan kalian semakin seru, lho.

Pantai Teluk Asmara Malang terletak di sebelah barat pantai Clungup.

Kalau masih bingung dengan rutenya, kalian bisa memanfaatkan salah satu fitur canggih dari google, yaitu google maps. Pantai Teluk Asmara udah tersedia kok rute lokasinya di google maps.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Teluk Asmara

teluk asmara malang
Sumber: klikapa.com

Untuk kalian yang ingin menikmati keindahan pantai Teluk Asmara serta ingin ditemani oleh biota laut di dalam pantai ini, kalian diwajibkan membayar tiket masuk pantai.

Tenang, untuk harga tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau kok. Hanya dengan Rp 10.000,- per orang saja, kalian udah bisa masuk ke pantai Teluk Asmara. Tarif parkir yang dikenakan untuk roda dua sebesar Rp 5.000,-, sedangkan untuk roda empat sebesar Rp 10.000,-.

Biaya yang dikeluarkan pengunjung tidak sebanding dengan suguhan alam pantai Teluk Asmara yang luar biasa indah terhadap para wisatawan, lho. Jadi gak perlu khawatir bisa bikin kantong kalian jebol ya sob, haha.

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya, apakah mobil bisa masuk?

Tentu saja bisa, donk. Oh ya, pantai Teluk Asmara buka 24 jam kok, tapi biasanya petugas operasional tiketnya standby dari pukul 07.00 WIB. Jadi kalau kalian ingin menikmati indahnya pantai Teluk Asmara dipagi hari, bisa langsung meluncur ke lokasi ya.

BACA JUGA: Ranu Kumbolo, Surga Gunung Semeru yang Menakjubkan!

Objek Wisata Pantai Teluk Asmara

Selain memanjakan wisatawan dengan keindahan pantainya, pantai Teluk Asmara ini juga menawarkan beberapa objek wisata yang bisa dinikmati para wisatawan yang berkunjung.

Gugusan Pulau

pantai teluk asmara pulau
sumber: faktualnews.co

Selain disuguhi keindahan pantainya, wisatawan juga disuguhi penampakan pulau-pulau yang membentuk gugusan apik, yang jika dilihat dari ketinggian tertentu berbentuk tanda cinta (love).

Hal ini mengingatkan kita dengan Raja Ampat yang tersohor itu, dan tentu saja gugusan pulau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Sunset

pantai teluk asmara sunset
Sumber: www.pesona.travel

Ini nih yang ditunggu oleh kalian para pemburu matahari terbenam (sunset) di pantai. Mungkin kalian berfikir, “Halah, palingan sunset-nya sama aja kayak di kebanyakan pantai lainnya”.

Eitss, tunggu dulu.

Di pantai Teluk Asmara kan terdapat gugusan pulau-pulau kecil yang tersusun secara apik. Nah, karena adanya gugusan pulau-pulau kecil inilah yang membuat sunset di pantai ini terasa berbeda, dan memberikan efek siluet yang menakjubkan.

Snorkeling

snorkeling pantai teluk asmarasnorkeling pantai teluk asmara
Ilustrasi snorkeling Sumber: malangstrudel.com

Pantai Teluk Asamara memiliki arus yang cukup tenang, meskipun kita tau pantai ini terletak di daerah pesisir Selatan pulau Jawa. Padahal, biasanya sih pantai yang berada di daerah Selatan Jawa memiliki ombak yang gede-gede, berbeda halnya dengan Teluk Asmara ini.

Berkat ombak yang cukup tenang di pantai ini, kalian bisa memanjakan mata kalian dengan menikmati pemandangan yang disuguhkan alam dari bawah laut Teluk Asmara. Yup, kalian boleh melakukan aktivitas snorkeling kok, mantap kan.

Di bawah laut kalian akan dimanjakan kembali dengan pemandangan dari berbagai macam terumbu karang serta biota laut Teluk Asmara.

Wihh, tambah bikin pingin cepet-cepet otewe kesana kan, haha.

Goa atau Gazebo

pantai teluk asmara malang indah
Sumber: instagram.com, by indirasiswoyo

Selain disuguhkan dengan kenampakan alam yang menakjubkan, ternyata pantai Teluk Asmara juga meyuguhkan goa-goa kecil yang menarik minat wisatawan, lho. Selain bisa digunakan sebagai tempat berteduh, goa ini kerap kali menjadi spot selfie para wisatawan.

Kapan lagi bisa selfie di dalam goa, haha.

Oh ya, di pantai ini juga terdapat fasilitas gazebo untuk tempat berteduh para wisatawan. Di area pantai ini sudah terdapat beberapa warung kecil yang menjual makanan kok. Jadi kalian gak perlu khawatir kelaparan.

Sebaiknya sih membawa perbekalan logistik sendiri dari rumah sebelum berangkat. Selain untuk berhemat, juga untuk antisipasi kali aja warungnya tutup saat perut udah gak bisa diajak kompromi.

Berkemah

pantai teluk asmoro
news.bbmessaging.com

Kalau kalian masih belum puas menikmati indahnya pantai Teluk Asmara, kalian bisa berkemah (camping) juga disini lho. Di pantai udah ada spot yang sangat cocok untuk mendirikan tenda.

Tapi, meskipun boleh camping disini, sebaiknya kalian membawa peralatan camping dari rumah ya. Soalnya disini gak ada tempat penyewaan alat-alat camping.

Dan satu lagi yang terpenting bagi kalian yang ingin mengunjungi pantai ini, kebersihan wajib dijaga ya. Toh kalau pantainya bersih, yang untung kan juga kita, sob.

BACA JUGA: Blue Fire Ijen, Fenomena Alam Langka yang Hanya Ada Dua di Dunia!

Spot Foto Pantai Teluk Asmara

Sumber: instagram.com, by @nii.niia

Bagi kalian yang gemar selfie, gak perlu khawatir akan kekurangan spot selfie di pantai Teluk Asmara ya. Baru-baru ini ada spot foto yang berada di area Bukit Cinta, lho. Gila keren banget spot disana.

Kalian bisa bersantai dan memuaskan hasrat ber-selfie ria di area ini.

Sebenarnya sih masih banyak banget spot selfie di pantai Teluk Asmara ini. Kalian tinggal eksplorasi aja lebih dalam di area pantai, pasti nemu banyak spot yang indah kok dan tentunya bakal memperindah tampilan feed instagram kalian, yuhu.

Selain spot didaratan, kalian bisa mendapatkan spot selfie yang tidak kalah menarik di dalam air lho. Kan keren bisa selfie dengan terumbu karang maupun biota laut. Tapi ingat ya, jangan sampai merusak terumbu karang yang ada ya.

Sekian informasi tentang pantai Teluk Asmara. Semoga bermanfaat ya sob.

Bintang Deska Seseorang yang suka berselancar di dunia digital dan belajar hal-hal yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.