Bahan Kain Balotelly | Karakteristik, Kelebihan, Jenis, Harga, Cara Merawat Kain, dll

Bahan Kain Balotelly | Karakteristik, Kelebihan, Jenis, Harga, Cara Merawat Kain, dll

Bahan Balotelly – Hai sobat Aminama.com, gimana nih kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Kali ini kami akan membagikan informasi menarik lagi nih yang berhubungan dengan bahan kain.

Sebelumnya kita sudah membahas secara mendalam tentang apa itu bahan wolfis dan bahan polyester, nah sekarang kita akan membahas tentang salah satu bahan yang sudah cukup terkenal dan familiar yaitu bahan balotelly.

Mungkin beberapa di antara sobat sudah pernah mendengar jenis bahan ini. Meskipun familiar di telinga beberapa orang, namun sepertinya masih banyak orang yang belum mengenal lebih dalam tentang karakteristik bahan ini.

Bahan yang sering diterapkan sebagai bahan dasar hijab ataupun baju koko ini, memiliki ciri dan karakteristik tersendiri yang mampu memikat konsumen untuk memilikinya.

Mau tahu lebih dalam tentang bahan balotelly? Yuk langsung saja disimak informasi berikut ini.

Check it out.

Pengertian Bahan Balotelly

contoh kain balotelly
Sumber: https://olympics30.com/

Bahan balotelly atau bahan balotelli adalah salah satu jenis bahan kain yang memiliki tekstur yang khas dan bahannya cukup tebal. Jika di amati dengan seksama, motif dari kain balotelly terlihat kotak-kotak kecil yang memiliki bentuk garis-garis. Jika sobat mengamati motif tersebut dari kejauhan, maka akan terlihat pola kotak-kotak yang lebih besar dengan susunan yang teratur.

Dengan adanya motif yang terlihat jelas pada kain balotelly tersebut, akan mempermudah sobat membedakannya dengan jenis kain yang lain.

Sebenarnya terdapat perbedaan pendapat tentang kain balotelly ini, apakah masuk ke jenis bahan katun atau bukan. Hal ini karena jika kita melihat kembali bahan penyusun kain balotelly, maka kain ini masuk ke dalam jenis bahan katun.

Nah, dikarenakan bahan ini memiliki perbedaan karakteristik yang cukup mencolok dengan bahan katun, maka kain balotelly tidak dimasukkan ke dalam kategori bahan katun. Bahan penyusun untuk membuat kain balotelly ini pun tidak berasal 100% dari serat katun (alami).

Apabila sobat amati dengan seksama, kain balotely akan terlihat sedikit berkilau yang mana efek ini tidak akan ditemukan pada jenis katun, contohnya saja seperti katun tayobo original.

Namun, beberapa referensi menyebutkan bahwasanya kain ini masuk kedalam jenis katun, meskipun merupakan serat campuran atau bukan asli 100% katun).

Ciri-Ciri dan Karakteristik Bahan Balotelly

Tekstur Kain Balotelly

Mungkin beberapa sobat pembaca masih bertanya-tanya, “Sebenarnya seperti apa sih ciri-ciri dari bahan balotelly dan bagaimana sih karakteristik bahannya?”.

Bahan balotelly memiliki ciri dan karakteristik yang unik. Karakteristik unik inilah yang membuat kain balotelly memiliki penggemar setianya sendiri. Berikut ini ciri-ciri dan karakteristik bahan balotelly.

1. Memiliki Tekstur yang Berserat

Bahan kain yang sudah menjadi buruan para desainer hijab ini memiliki tekstur kain yang berserat. Untuk memastikan apakah kain ini merupakan jenis balotelly atau bukan, bisa sobat rasakan di bagian tekstur kainnya. Kain ini memiliki tekstur yang khas yaitu agak kasar dan bergaris.

2. Bahannya Sedikit Tebal dan Halus

Kain balotelly atau balotelli memiliki karakteristik bahan halus dan sedikit tebal. Hal inilah yang menjadi faktor kenapa bahan balotelly sering dijadikan hijab maupun gamis embos. Jenis bahan yang cukup tebal akan membuat kain tersebut tidak transparan, sehingga jenis ini cocok untuk digunakan sebagai pakaian muslimah.

3. Memiliki Banyak Pilihan Warna dan Motif

Bahan balotelly memiliki banyak pilihan warna dan motif yang ditawarkan. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum hawa yang menyukai warna-warna tertentu sesuai karakternya. Warna yang ditawarkan oleh kain ini yaitu mulai dari warna yang polos hingga jenis bahan kain yang memiliki motif.

4. Bahan Kainnya Ringan

Seperti halnya kain wolfis yang sudah kita bahas sebelumnya, kain balotelly juga memiliki berat kain yang ringan. Meskipun bahannya cukup tebal, akan tetapi sobat gak perlu khawatir akan kain menjadi lebih berat. Hal ini karena kain balotelly tetap ringan kok saat sobat kenakan.

5. Memiliki Motif Khas Kotak-Kotak Bergaris

Karakteristik bahan kain balotelly selanjutnya yaitu memiliki ciri khas motif kotak-kotak yang bergaris. Jika sobat ingin memastikan apakah kain tersebut merupakan kain balotelly atau bukan, sobat bisa meraba pada tekstur kainnya dan jika dilihat dari dekat, terlihat jelas motif kotak-kotak bergaris pada kain.

6. Bahan Kain Tidak Menerawang

Salah satu karakteristik yang menjadi keunggulan kain balotelly yaitu bahan kainnya tidak bersifat menerawang atau tidak transparan. Karena sifat inilah banyak desainer busana muslimah yang menggunakan bahan ini sebagai bahan pembuat baju muslimah seperti gamis rempel dan sejenisnya.

7. Kain Tidak Melekat ke Tubuh

Ciri-ciri dan karakteristik dari kain balotelly selanjutnya adalah bahan kain tidak melekat pada tubuh pemakainya. Yang dimaksud dari tidak melekat disini yaitu bahan kain tidak membentuk lekuk tubuh pemakainya, sehingga sangat cocok untuk sebagai bahan dasar busana muslimah yang memenuhi syarat.

BACA JUGA: 9+ Jenis Bahan Kain Jersey (yang Wajib Kamu Ketahui sebelum Membeli)

Perbandingan Bahan Kain Balotelly dan Wolfis

contoh kain balotelly
Sumber: https://solusiibuattack.com/

Mungkin beberapa di antara sobat Aminama.com masih kebingungan apakah akan menggunakan kain balotelly atau kain wolfis sebagai bahan dasar membuat pakaian. Kain Balotelly atau balotelli memiliki karakteristik bahan yang tidak dimiliki oleh kain wolfis, begitu juga sebaliknya.

Kain balotelli memiliki motif serta tekstur kotak-kotak bergaris, dan bahannya ringan. Selain itu bahan kain yang sempat menjadi primadona ini memiliki karakter tidak membentuk lekuk tubuh dari pemakainya serta bahannya tidak menerawang. Bahan kain balotelly juga memiliki sifat bahan yang lemas serta memiliki banyak varian warnanya.

Berbeda halnya dengan kain wolfis, kain ini memiliki karakteristik permukaan kain yang agak halus dan tidak mudah kusut. Mirip seperti kain balotelly, kain wolfis juga bersifat tidak menerawang serta memiliki banyak varian warna. Tekstur bahan kain wolfis cenderung polos dan tidak mempunyai ciri khas pada kain.

Untuk masalah harga, perlu sobat ketahui bahwa bahan kain balotelly ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan bahan kain wolfis. Apabila kita bandingkan dengan kain wolfis, sifat dari kain balotelli cenderung lebih kaku, selain itu karakter dari kain balotelly juga tidak terlalu jatuh jika dibandingkan dengan kain wolfis.

Jika sobat meraba kainnya secara langsung, sobat pasti langsung mengetahui perbedaan kedua jenis bahan ini.

Jenis-Jenis Bahan Kain Balotelly

Kain Balotelly memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda jika di lihat dari segi kualitas bahannya. Pada umumnya, kain ini terbagi menjadi tiga tingkatan atau yang biasa disebut dengan grade.

Berikut merupakan jenis kain balotelli berdasarkan kualitas.

1. Kain Balotelly Original atau Standar

kain balotelly original
Sumber: https://olympics30.com/

Kualitas pada kain balotelly original tergolong standar. Karakter dari bahannya cenderung agak kaku, oleh karenanya, bahan kainnya tidak terlalu jatuh. Apabila sobat bandingkan dengan jenis kain Toyobo, kualitas kain pada grade ini cenderung agak kaku serta sulit untuk digerakkan.

Bahan Kain Balotelly original cocok digunakan sebagai bahan dasar gamis kombinasi ataupun baju koko pria. Sebenarnya ada lagi kualitas kain balotelly yang berada di bawah grade original, yaitu versi ekonomis. Balotelly (balotelli) versi ini memiliki karakteristik kain yang cenderung panas dan gerah saat di pakai.

2. Kain Balotelly Grade A

balotelly grade A
Sumber: https://www.mizutex.com/

Bahan kain balotelly grade A memiliki tingkatan kualitas bahan di atas kain balotelly original. Kualitas dari bahan ini tidak terlalu unggul dan juga tidak terlalu rendah. Jadi bisa di katakan bahwa bahan kain ini grade-nya berada di antara bahan balotelly original dan bahan balotelly grade A+.

3. Kain Balotelly Grade A+

bahan balotelli grade A+
Sumber: https://www.mizutex.com/

Bahan kain Balotelly grade A+ merupakan jenis bahan yang bisa dikatakan paling unggul dan premium. Kain yang dikenal juga dengan nama Ar-Raihan ini memiliki karakteristik kain yang halus, adem saat dikenakan, jatuh, serta sifatnya lembut. Jika sobat meraba kain jenis grade ini, maka akan terasa seperti bahan kain katun Toyobo. Selain itu, karakter dari bahannya lebih jatuh mirip seperti bahan Megumi Ladies.

Dari beberapa sumber yang berhasil Aminama.com rangkum, menyebutkan bahwa kain balotelly yang memiliki kualitas terbaik yaitu kain Zegna Italiano. Karakter dari bahan Zegna Italiano yaitu kainnya jatuh dan tentunya jauh lebih nyaman dibandingkan dengan bahan balotelly biasa.

Seperti yang telah sobat ketahui, biasanya kualitas dari bahan kain balotelly biasa bersifat kaku dan mudah kusut. Hal ini sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan kualitas bahan kain Zegna Italiano yang memiliki karakter kain yang tidak mudah kusut, jatuh, dan lebih lembut. Oleh karena itulah kain Zegna Italiano sering disebut-sebut sebagai kualitas bahan kain grade A+.

Zegna Italiano
Sumber: https://www.mizutex.com/

Pastinya dengan segudang keunggulan dari kain balotelly grade A+, harga yang ditawarkan tentu lebih mahal dibandingkan dengan grade dibawahnya, dan harga ini sebanding kok dengan kualitas yang sobat dapatkan.

Bahkan jika sobat membandingkannya dengan bahan kain wolfis, kain ini terhitung masih lebih mahal.

Perlu sobat diketahui, harga bahan balotelly yang mahal pun gak bisa menjadi patokan akan kualitas bahan kainnya, hal ini karena setiap toko memiliki grade bahan yang berbeda-beda. Untuk membuktikan bahwa bahan kain yang sobat beli merupakan kain dengan kualitas unggulan, sobat perlu merabanya secara langsung.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Balotelly

Kain Balotelly
Sumber: https://www.tokopedia.com/

Sebelum sobat memutuskan untuk membeli jenis kain balotelly ini, ada baiknya sobat mengetahui kelebihan serta kekurangan dari bahannya, sehingga nantinya sobat bisa mendapatkan bahan terbaik untuk pakaian sobat.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari bahan balotelly.

Kelebihan Bahan Balotelly

kelebihan balotelli
Sumber: https://olympics30.com/

Bahan kain balotelly memiliki segudang kelebihan yang membuat para penggunanya susah untuk berpindah ke lain hati :D.

Berikut kelebihan dari kain balotelly :

1. Kain Balotelly memiliki serat bahan yang rapat

Pada jenis kain ini, memiliki serat kain yang rapat dan padat, sehingga tidak bersifat transparan atau tidak menerawang. Sehingga kain ini banyak digunakan oleh desainer muslimah dalam pembuatan busana yang sesuai syariat.

2. Bahan Kainnya Tebal, namun Ringan saat Dikenakan

Terkadang ada jenis bahan kain tertentu yang memiliki serat bahan yang tebal namun juga berat. Akan tetapi, meskipun kain balotelly tergolong tebal namun tetap saja ringan saat dikenakan.

3. Bahannya Adem

Bagi sobat yang mencari bahan kain yang adem dan nyaman, bisa memilih menggunakan bahan balotelly. Terlebih lagi jika sobat memilih grade kain balotelly yang paling tinggi, di jamin bakal betah memakainya.

4. Harga Terjangkau

Dengan segudang keunggulan yang ditawarkan bahan balotelly, harga bahan ini masih terjangkau kok. Tentunya untuk urusan harga berbanding lurus dengan kualitas grade bahan yang sobat pilih. Jadi pastikan sobat memilih bahan sesuai kenyamanan masing-masing ya.

5. Bahannya Tidak Gampang Kusut

Salah satu keunggulan dari bahan ini yaitu tidak gampang kusut. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri, karena kain akan selalu terlihat rapi sepanjang hari.

6. Kain Mudah untuk Ditata

Kain balotelly ini termasuk ke dalam kain yang sangat mudah untuk di tata dan diatur, lho. Jadi sobat gak perlu khawatir ketika ingin menata ulang hijab atau gamis dari bahan ini.

7. Memiliki Banyak Pilihan Warna

Kain dari bahan balotelly menawarkan berbagai pilihan warna, mulai dari yang polos hingga bermotif. Tentu saja ragam warna yang ditawarkan ini menjadi daya tarik yang sangat kuat tersendiri bagi kaum hawa, karena bisa memilih warna sesuai dengan warna favorit yang diinginkan.

8. Bahan Kain Mudah untuk Ditemukan

Jika sobat blusukan ke pasaran, terutama toko kain, sobat akan menemukan fakta menarik yaitu jenis kain ini sudah sangat terkenal dan mudah sekali untuk ditemukan.

Kekurangan Bahan Balotelly

daftar harga kain per meter
Sumber: https://jumi.store/

Dengan segudang kelebihan yang ditawarkan, ternyata bahan balotelly juga memiliki kekurangan yang perlu sobat ketahui sebelum memutuskan untuk memiliki jenis bahan kain ini.

Berikut kekurangan dari kain balotelly :

1. Teksturnya Agak Kasar dan Bergaris

Karena motif yang terdapat pada kain balotelly berbentuk kotak-kotak bergaris, maka tekstur yang dihasilkan kain ini masih sedikit kasar. Meskipun demikian, kekurangan ini tidak mempengaruhi kenyamanan dari pemakai bahan.

2. Karakter Jatuh Kainnya Masih Kalah Dengan Wolfis

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa kain jatuh adalah kain yang banyak digemari oleh sebagian besar orang. Kain berbahan dasar balotelly pun memiliki karakteristik ini, akan tetapi karakter jatuhnya tidak sebaik pada kain wolfis.

3. Beberapa Jenis Bahan Masih Terasa Kaku dan Panas saat Dikenakan

Beberapa kain balotelly, terutama yang versi ekonomis, memiliki tekstur yang kasar,kaku dan panas saat dikenakan. Selain itu kainnya juga tidak flowy, sehingga kurang bisa menyesuaikan format dari fashion jilbab serta gamis yang memiliki size yang longgar.

Penggunaan Bahan Balotelly 

gamis balotelly
Sumber: http://gamiscantik.net/

Bahan balotelly dapat digunakan untuk membuat berbagai macam jenis busana mulai dari gamis syar’i hingga baju koko. Berikut ini adalah contoh penggunaan dari bahan balotelly pada busana yang sering dikenakan sehari-hari :

  • Gamis syar’i
  • Hijab
  • Blouse
  • Rok
  • Baju koko
  • Bawahan
  • Dan sejenisnya.

Harga Kain Balotelly

kekurangan bahan balotelly
Sumber: https://www.tokopedia.com/

Dalam mencari bahan dasar pakaian, terdapat beberapa hal yang perlu di pertimbangkan, contohnya harga dan kualitas. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa harga bahan berbanding lurus dengan kualitasnya. Meski demikian, harga yang mahal tidak bisa menjadi patokan akan kualitas dari jenis bahan. Hal ini karena harga kain di setiap toko pasti berbeda-beda.

Untuk harga kain balotelly yang kami temukan di pasaran yaitu berkisar Rp 25.000,- hingga Rp 40.000 per meter. Biasanya untuk kain seharga Rp 40.000 per meter merupakan kain grade A+ dengan kualitas premium.

Ada hal yang perlu diperhatikan yaitu sobat perlu memastikan bahwa bahan yang akan di beli merupakan bahan yang sesuai dengan ekspektasi sobat. Lebih bagus lagi kalau sobat langsung datang ke tokonya untuk mengecek kualitas dari kain balotelly agar tidak kecewa.

Harga yang tercantum diatas tidak bisa dijadikan patokan harga yang baku untuk semua jenis kain balotelly, hal ini karena harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan.

Tips Merawat Kain Balotelly

Setelah mengetahui karakteristik beserta kelebihan dan kekurangan dari bahan balotelly, tentu kurang afdhol jika kita belum membahas bagaimana cara merawat kain berbahan balotelly ini. Untuk perawatan kain ini tergolong cukup mudah dan gak ribet, akan tetapi ada beberapa point penting yang perlu di perhatikan agar kain tetap menjadi awet.

Berikut ini adalah cara merawat kain balotelly yang berhasil kami rangkum.

1. Mencuci Kain Balotelly

cuci baju balotelly
Sumber: http://wap.mi.baca.co.id/

Meskipun tidak dibutuhkan perlakuan khusus dalam pencucian kain jenis balotelly, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat akan mencuci jenis bahan ini. Kain balotelly tidak terlalu tahan terhadap pencucian yang kasar, sehingga sobat perlu menguceknya secara perlahan.

Sobat bisa melakukan pencucian dengan menggunakan air dingin. Meskipun terdapat beberapa pendapat yang menyebutkan bahwasanya air panas mampu mempermudah pelarutan noda  yang membandel saat pencucian, tapi sebaiknya jangan menggunakan air panas untuk jenis bahan ini.

Kalaupun terpaksa menggunakan air panas untuk menghilangkan noda yang super membandelsebaiknya sobat menggunakannya dengan sangat hati-hati agar tidak merusak kain.

2. Menjemur Kain Balotelly

menjemur kain
Sumber: tribunnews.com

Menjemur pakaian jenis balotelly ini tergolong cukup mudah. Yang perlu sobat lakukan yaitu menjemurnya di tempat yang tidak terkena matahari langsung. Sebaiknya bagian dalam pakaian dibalik ke luar agar warna tidak pudar jika terkena matahari.

Sobat bisa menggunakan gantungan atau hanger untuk menjemur agar kain tidak kusut dan tidak tertarik ketika penjemuran.

3. Menyetrika Kain Balotelly

menyetrika kain
Sumber: http://www.molto.co.id/

Perlu diketahui bahwa serat kain balotelly ini rentan terhadap suhu yang terlalu panas, oleh karenanya sobat bisa menggunakan suhu medium saat menyetrika kain. Lebih bagus lagi jika sobat memiliki setrika jenis uap, sehingga uapnya bisa menjadikan kain menjadi licin serta menjaga kehalusan kain tanpa merusak serat kainnya.

Tapi jika memang tidak ada setrika uap, setrika biasa pun bisa kok, asal menggunakan suhu yang sedang (medium).

4. Penyimpanan Kain Balotelly

menggantung kain
Sumber: https://www.rumah.com/

Beberapa jenis kain balotelly, terutama yang grade ekonomis, cenderung lebih mudah untuk kusut. Nah untuk mengakali hal ini, sobat bisa menyimpan pakaian jenis balotelly di dalam lemari dengan menggunakan hanger.

Semoga dengan adanya artikel ini, sobat bisa mengenal lebih dalam mengenai bahan balotelly ini dan lebih bijak lagi sebelum membeli pakaian jenis kain tertentu

Sekian informasi dari kami, jika ada pertanyaan bisa melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply