7 Teknik Dasar Tenis Meja (yang Mudah Dipelajari bagi Pemula)

7 Teknik Dasar Tenis Meja (yang Mudah Dipelajari bagi Pemula)

Untuk menjadi ahli dalam permainan tenis meja, diperlukan penguasaan teknik dasar yang baik dan benar agar mampu mengikuti irama permainan.

Bagi pemula, permainan ini tergolong cukup susah, karena selain dibutuhkan akurasi pukulan yang tepat, ternyata juga dibutuhkan teknik yang benar dalam memainkan bet atau raket sehingga ketika melakukan pukulan, bola bisa memantul di atas meja dan menuju arah meja lawan.

Bagi sobat yang masih pemula dan bingung cara bermain tenis meja yang baik dan benar, artikel ini akan menjadi referensi yang sangat bagus untuk sobat praktekkan.

Yuk langsung saja simak pengertian dan beberapa tenis dasar tenis meja beserta gambar dan videonya berikut.

Check it out.

Pengertian Tenis Meja

cara bermain tenis meja
Sumber gambar: Pexels.com, by Sascha Düser

Tenis meja atau biasa yang disebut dengan ping-pong adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil dan menggunakan meja tenis sebagai lapangannya. Meja ini digunakan sebagai tempat memantulkan bola yang di bagian tengah meja dipisahkan oleh net. 

Di dunia, tepatnya di Amerika, organisasi tenis meja di dirikan pada tanggal 15 Januari 1926 dengan nama International Table Tennis Federation, yang diprakarsai oleh Dr. George Lehman.

Sejarah tenis meja di Indonesia sendiri baru dikenal secara umum pada tahun 1930-an. Pada saat itu permainan ini hanya dimainkan oleh orang-orang Belanda, sedangkan pribumi hanya golongan tertentu saja yang boleh memainkannya.

Pada tahun 1939, tokoh-tokoh pemain tenis meja di Indonesia mendirikan organisasi Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia (PPPSI).

Seiring perkembangan tenis meja di Indonesia, nama organisasi ini mengalami perubahan menjadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI).

Di tahun 1960, PTMSI resmi bergabung menjadi anggota Table Tennis Federation of Asia (TTFA).

Semenjak bergabungnya Indonesia ke TTFA, tenis meja Indonesia pun mengalami perkembangan yang cukup pesat hingga sekarang ini.

Hal ini dapat terlihat mulai bermunculannya perkumpulan tenis meja dan banyaknya kejuaraan tenis meja yang diadakan di tingkat nasional, seperti POMDA, PON, PORDA.

Selain itu, Indonesia juga kerap kali diundang pada berbagai kejuaraan resmi tingkat dunia.

Perkembangan tenis meja di Indonesia selanjutnya yaitu dengan berdirinya Sirkuit Liga Tenis Meja Utama (Silatama) yang diadakan setiap tiga bulan sekali dan Sirkuit Laga Tenis Meja Taruna (Silataruna) yang diadakan setiap 6 bulan sekali.

Untuk menjadi ahli dalam permainan tenis meja, sobat perlu menguasai teknik dasar tenis meja atau ping pong terlebih dahulu. Berikut beberapa teknik dasar yang berhasil kami rangkum.

Teknik Dasar Tenis Meja Memegang Grip

teknik permainan tenis meja
Sumber gambar: butterflyonline.com

Bagi pemain tenis meja, cara memegang dan menggunakan bet merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai, karena jika salah dalam menggenggamnya, akan menghasilkan pukulan yang tidak terarah.

Teknik grip sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu shakehand grip, penhold grip, dan seemiller grip.

Yuk kita kupas satu persatu.

1. Teknik Shakehand Grip

Teknik Shakehand Grip
Sumber gambar: aliexpress.com

Teknik ini kebanyakan digunakan oleh pemain tenis meja profesional dari benua Eropa. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menggenggam bet seperti kita sedang berjabat tangan.

Teknik shakehand grip akan memudahkan kita menggunakan kedua sisi bet dan juga mempermudah kita dalam menahan atau melakukan smash ke arah lawan.

Cara melakukan teknik shakehand grip :

  1. Genggam bet tenis seolah akan berjabat tangan.
  2. Posisikan ibu jari senyaman mungkin ke bagian atas bidang bet.
  3. Posisikan jari-jari lainnya pada bagian bawah bet.
  4. Genggam dan agak rapatkan ibu jari dan jari-jari lainnya pada bet.

2. Teknik Penhold Grip

teknik penhold grip
Sumber gambar: kingpong.net

Penhold grip merupakan teknik yang sering digunakan oleh pemain Asia, oleh karena disebut teknik Asia. Caranya pun cukup mudah, yaitu posisikan tangan kita seolah-olah sedang memegang pena.

Ketika menggunakan teknik ini, bagian bet yang dimainkan hanya satu sisi, oleh karenanya sobat bisa memilih posisi yang paling nyaman.

Cara melakukan teknik penhold grip :

  1. Posisikan bet ke arah bawah dan grip atau pegangan menghadap ke atas.
  2. Pegang bet seperti seolah-olah kita akan memegang pena, dengan ibu jari dan jari telunjuk berada di bagian bet yang sama.
  3. Jari-jari lainnya bisa dirapatkan dan ditekuk atau diluruskan.
  4. Ambil posisi jari senyaman mungkin.

3. Teknik Seemiller Grip

Teknik Seemiller Grip
Sumber gambar: toughtco.com

Teknik seemiller grip bisa dikatakan mirip dengan handshake grip, namun yang membedakannya ialah pada seemiller grip, jari telunjuk memegang seluruh bagian bet  dan bet diputar sekitar 20° hingga 90° ke arah badan.

Cara melakukan teknik seemiller grip :

  1. Pegang grip menggunakan teknik shakehand grip
  2. Lekukkan jari telunjuk di sepanjang sisi bet.
  3. Putar bet bagian atas sejauh 20° hingga 90° ke arah tubuh kita.

Teknik Dasar Tenis Meja Stance (Teknik Siap Siaga)

teknik stance
Sumber gambar: mytabletennis.net

Teknik stance merupakan teknik dasar dalam penempatan posisi badan, kaki serta tangan saat dalam kondisi menyerang maupun bertahan dalam tenis meja. Bagi pemain, teknik ini merupakan teknik yang sangat penting untuk dikuasai.

Dengan menguasai teknik ini, posisi tubuh kita akan jauh lebih siap untuk mengembalikan bola serangan dari lawan.

Pada dasarnya teknik stance terbagi menjadi dua jenis, yaitu side stance dan square stance.

1. Teknik Side Stance

Untuk melakukannya, posisi badan kita harus menyamping ke kanan ataupun ke kiri. Salah satu bahu kita perlu diposisikan lebih dekat dengan net. Apabila kita pemain kidal (pengguna tangan kiri) dan akan melakukan teknik forehand, posisi bahu kiri perlu di dekatkan ke arah net.

2. Teknik Square Stance

Kunci utama dari teknik ini yaitu positioning, yaitu saat posisi badan pemain menghadap tenis meja. Teknik ini biasanya digunakan para pemain saat menerima service bola dari lawan. Meski demikian, teknik ini juga dapat digunakan untuk bertahan saat lawan menyerang.

Untuk melakukannya, sobat hanya perlu memindahkan satu kaki saja, baik ke depan, belakang, kanan, dan ke kiri. Untuk bisa menguasai teknik square stance, sobat perlu melatihnya secara rutin agar terbiasa.

3. Teknik Open Stance

Teknik ini merupakan modifikasi dan pengembangan dari teknik side stance. Untuk melakukannya, posisi kaki kiri berada sedikit kedepan dan agak terbuka keluar untuk pemain yang menggunakan tangan kanan. Gerakan ini biasanya dilakukan hanya untuk backhand block.

Teknik Dasar Tenis Meja Footwork (Gerakan Kaki)

teknik footwork tenis meja
Sumber gambar: tabletennisspot.com

Teknik dasar selanjutnya yang perlu dikuasai oleh pemula yaitu footwork atau gerakan kaki. Dalam tenis meja, footwork dibedakan untuk nomer tunggal dan ganda.

Pada nomor tunggal, banyaknya langkah terdiri dari beberapa teknik yaitu satu langkah, dua langkah, tiga langkah bahkan lebih, dengan arah pergerakan ke samping kiri, samping kanan, ke depan, ke belakang dan diagonal.

Footwork sendiri menyesuaikan dari jarak datangnya bola dengan pemain. Apabila jaraknya terlalu dekat, sobat tidak perlu melangkahkan kaki.

Sedangkan apabila jaraknya cukup jauh dari meja, sobat bisa menggunakan satu langkah atau dua langkah (menyesuaikan seberapa jauh bola).

Teknik Footwork  yang sering digunakan pemain dengan tipe menyerang yaitu dua langkah (two steps).

Cara melakukan teknik footwork :

  1. Posisikan lutut sedikit ditekuk.
  2. Distribusikan berat badan sama rata pada kedua kaki.
  3. Jadikan ujung kaki sebagai tumpuan berat badan.
  4. Apabila akan melangkah ke kiri, kaki kiri digeser dengan berat badan dibebankan pada kaki kiri.
  5. Kaki kanan bisa mengikuti irama kaki kiri.
  6. Apabila ingin melakukan pukulan forehand, tarik kaki kanan kebelakang hingga posisinya sama persis seperti posisi awal dalam teknik pukulan forehand.
  7. Setelah melakukan pukulan, posisikan tubuh kembali ke posisi awal.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video berikut ini :

BACA JUGA: Artikel Tentang Teknik Permainan Bola Voli Lengkap

Teknik Dasar Tenis Meja Stroke (Pukulan)

teknik dasar tenis meja pukulan
Sumber gambar: wikihow.com

Teknik stroke dapat dilakukan saat kondisi bertahan maupun menyerang. Pada dasarnya, teknik pukulan terbagi menjadi dua yaitu forehand dan backhand. Namun, dalam pengembangannya, teknik ini memiliki banyak cabangnya.

Berikut teknik pukulan tenis meja yang sering digunakan.

1. Teknik Dasar Tenis Meja Service (Servis)

teknik dasar servis
Sumber gambar: wikihow.com

Pukulan service merupakan teknik pukulan bola pertama. Dalam tenis meja, teknik dasar ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu service forehand topspin, backhand topspins, forehand backspin, backhand backspin dan sidespin.

1. Forehand Topspin

Cara melakukan teknik forehand topspin :

  1. Lakukan persiapan pada posisi meja sebelah kanan dengan menghadap sektor kiri meja lawan.
  2. Pegang bet dengan tangan kanan sembari menekuk siku sekitar 90° dan pegang bola dengan tangan kiri.
  3. Lambungkan bola secukupnya kemudian pukul dengan bet.
  4. Usahakan pantulan yang dihasilkan tidak terlalu tinggi dari net.

2. Backhand Topspin

Cara melakukan teknik backhand topspin :

  1. Lakukan persiapan dengan berdiri di sisi tengah meja.
  2. Pegang bet dengan tangan kanan sembari mendekatkannya ke area pinggang sebelah kiri.
  3. Pegang bola dengan telapak tangan kiri.
  4. Lambungkan bola secukupnya kemudian pukul dengan bet.
  5. Usahakan pantulan yang dihasilkan tidak terlalu tinggi dari net.

3. Forehand Backspin

Teknik ini sering disamakan dengan teknik forehand chop. Untuk melakukan gerakan ini, posisikan bet agak sedikit terbuka. Lakukan gerakan bet ke arah depan dan sedikit condong ke bawah. Pukul bola pada sisi bawah bola dan usahakan bola mengenai bagian bet depan sedikit ke bawah.

4. Backhand Backspin

Cara melakukan teknik backhand backspin mirip dengan forehand backspin. Yang membedakannya yaitu saat melakukan pukulan, sobat hanya perlu menggesek bola dengan menggunakan bagian bawah bet.

Usahakan pantulan yang dihasilkan tidak terlalu tinggi dari net sehingga pantulan bola di area meja lawan tidak terlalu tinggi juga.

5. Sidespin

Teknik ini menggunakan gerakan menyapu bola menyamping, yang mana pemain dapat mengkombinasikan gerakan ini dengan backspin maupun topspin. 

Gerakan sidespin akan menghasilkan pantulan bola yang lebih cepat dan cenderung melengkung ke kanan maupun ke kiri bila dikombinasikan dengan topspin.

2. Teknik Drive

teknik tenis meja drive
Sumber gambar: wikihow.com

Teknik dasar yang satu ini menggunakan pukulan dengan ayunan yang panjang. Tipe pukulan yang dihasilkan yaitu datar, keras dan cepat. Dalam olahraga tenis meja, teknik drive terbagi menjadi dua macam yaitu forehand drive dan backhand drive.

1. Forehand Drive

Untuk melakukannya, sobat perlu menggerakkan bet ke arah depan yang diikuti dengan putaran badan kearah datangnya bola sekitar 45°. Terkadang saat melakukan teknik ini, terdapat kondisi yaitu terjadi pergeseran posisi grip akibat pergerakan pergelangan.

Oleh karenanya diperlukan pegangan yang kuat agar bet tidak mudah berubah posisinya.

2. Backhand Drive

Cara melakukannya gerakan ini cukup mudah. Pertama, posisikan siku membentuk sudut 90°. Gerakkan bet dengan diikuti gerakan memutar badan. Untuk bisa menguasai teknik ini, sobat juga perlu menguasai gerakan kaki dan sering latihan backhand agar terbiasa.

3. Teknik Push

teknik drive tenis meja
Sumber gambar: wikihow.com

Push merupakan teknik dasar pukulan backspin pasif yang digunakan untuk menghadapi backspin. Teknik ini bertujuan agar bola tidak melambung terlampau tinggi dari net. Dalam tenis meja, teknik push terdiri dari dua jenis, yaitu forehand push dan backhand push.

1. Forehand Push

Untuk melakukannya, sobat perlu memposisikan bet dalam posisi sedikit terbuka. Selanjutnya gerakan bet ke depan dan agak kebawah. Untuk meningkatkan akurasi pukulan, bola perlu mengenai bet bagian tengah.

2. Backhand Push

Untuk mendapatkan pukulan backhand push yang sempurna, sobat perlu mengkondisikan agar bola hanya menggesek bet dengan kuat, sehingga menghasilkan bola backspin. Seperti halnya forehand push, bola perlu mengenai bet bagian tengah.

4. Teknik Chop

teknik chop tenis meja
Sumber gambar: wikihow.com

Gerakan Chop adalah salah satu teknik dasar pukulan backspin pada tenis meja dengan tipe bertahan. Teknik ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu forehand chop dan backhand chop.

1. Forehand Chop

Untuk melakukan gerakan forehand chop, posisikan bet agak terbuka. Gerakkan bet ke arah depan dan agak condong kebawah. Pukul bola pada bagian sisi bawah bola dan usahakan bola mengenai bagian bet depan sedikit ke bawah.

2. Backhand Chop

Untuk melakukan backhand chop, ambil posisi awal backhand dengan posisi bet depan condong ke atas. Lakukan pukulan dengan menggunakan sisi bagian bawah bet dan usahakan mengenai bagian bawah bola.

5. Teknik Block

teknik block tenis meja
Sumber gambar: wikihow.com

Gerakan block digunakan untuk mengembalikan smash atau pukulan keras dari lawan. Teknik dasar ini dapat dilakukan setelah bola memantul dari meja tenis.

Gerakan ini cukup efektif dalam bertahan dari serangan lawan, karena saat lawan menyerang dengan sangat cepat, bola hasil block akan kembali ke lawan dengan cepat juga, sehingga lawan kesulitan dalam melakukan serangan cepat lagi.

1. Forehand Block

Untuk melakukan gerakan ini, pertama posisikan bet ke depan dengan sisi depannya menghadap agak ke bawah. Selanjutnya sobat perlu memperhatikan datangnya bola.

Lakukan gerakan block segera setelah bola memantul dari meja. Usahakan bola mengenai tepat pada bagian tengah bet.

2. Backhand Block

Bagi pengguna tangan kanan, posisikan bet  ke sebelah kiri tubuh dengan kondisi sisi depan bet menghadap agak ke bawah. Selanjutnya sobat perlu memperhatikan arah datangnya bola. Lakukan gerakan block segera setelah bola memantul dari meja. Usahakan bola mengenai tepat pada bagian tengah bet.

6. Teknik Smash

teknik dasar tenis meja smash
Sumber gambar: pingpoolshark.com

Smash merupakan salah satu teknik dasar serangan pada permainan tenis meja yang paling mematikan yang bisa membuat lawan kewalahan. Teknik ini sendiri dapat dilakukan dengan forehand ataupun backhand.

1. Forehand Smash

Cara melakukan teknik forehand smash :

  1. Posisikan kaki kiri ke depan dengan kaki kanan berada di belakang.
  2. Jadikan kaki kanan sebagai tumpuan dengan memposisikan tubuh sedikit miring ke kanan.
  3. Setelah bola memantul dan berada pada posisi titik tertinggi, lakukan pukulan sekeras mungkin dan akurat pada bola ke arah bawah dengan menggunakan pergelangan tangan.

2. Backhand Smash

Cara melakukan teknik backhand smash :

  1. Posisikan kaki kanan ke depan dengan kaki kiri berada di belakang.
  2. Miringkan badan ke kiri hingga pundak kanan mengarah ke meja.
  3. Posisikan tangan kiri kebawah lalu ke belakang dengan posisi tangan kiri lebih tinggi dari meja.
  4. Setelah bola memantul dan mencapai titik tertinggi, ayunkan lengan dari bawah ke depan menuju arah kanan.
  5. Lakukan pukulan sekeras mungkin dan akurat dengan menggunakan pergelangan tangan.
  6. Ketika melakukan smash, pindahkan berat badan pada kaki kiri ke kaki kanan.

7. Teknik Lob

Teknik tenis meja lob
Sumber gambar: wikihow.com

Teknik lob merupakan gerakan dasar memukul bola lambung menuju ke area lawan. Tujuan dari gerakan ini yaitu agar lawan kuwalahan saat mengembalikan bola saat kita serang. Dalam permainan tenis meja, teknik ini sangat ampuh untuk mengembalikan smash lawan dan bisa bikin mati gerakan lawan.

Biasanya gerakan lob yang baik dan benar yaitu pada ketinggian 2-4 meter.

Video Teknik Dasar Pukulan Tenis Meja

Agar sobat lebih paham dengan penjelasan teknik dasar pukulan dari permainan tenis meja di atas, berikut kami sajikan juga videonya :

BACA JUGA: Artikel Tentang Materi Bola Basket LENGKAP

Peralatan dan Peraturan Tenis Meja

Dalam permainan tenis meja, meja tenis yang digunakan memiliki ukuran standar yang harus terpenuhi. Begitu juga dengan bet (raket) ataupun bola ping-pong.

Berikut ukuran standarnya :

Ukuran Lapangan Tenis Meja

ukuran lapangan tenis meja
Sumber gambar: wikipedia.org

Berikut peraturan ukuran standar lapangan tenis meja dan net :

  • Panjang meja : 274 cm.
  • Lebar meja : 152,5 cm.
  • Tinggi meja dari lantai : 76 cm.
  • Luas meja : 4,1785 m².
  • Ketebalan meja : 3 cm.
  • Ketebalan garis sisi 2 cm.
  • Panjang jaring net : 183 cm.
  • Lebar net : 15,25 cm.
  • Jarak antara meja ke tiang : 15,25 cm.
  • Luas jaring net : 0,279075 m².

Spesifikasi Ukuran Raket (Bet)

spesifikasi ukuran raket (bet)
Sumber gambar: pusattenismeja.com

Untuk bentuk dan ukuran raket sendiri tidak di tentukan. Namun, daun raket harus bersifat datar dan kaku. daun raket. Daun raket minimal 85% terbuat dari bahan kayu yang sudah diukur.

Lapisan perekat yang berada di dalam kayu bisa diperkuat dengan serat karbon ataupun serat kaca dengan batas ketebalan maksimum 7,5% dari total ketebalan dan ukurannya 0,35 mm.

Setiap sisi daun raket (bet) harus dilapisi dengan karet licin, halus, ataupun berbintik. Jika mengunakan karet bintik (yang menonjol ke arah luar dan tanpa spons), maka ketebalan maksimum karet termasuk lem perekat yaitu 2 mm.

Apabila menggunakan lapisan karet (karet + spons) dengan bintik di dalamnya yang menghadap ke arah luar atau dalam, maka ketebalan maksimum yang diperbolehkan yaitu 4 mm (sudah termasuk lem perekat).

Ukuran Bola Tenis Meja

Ukuran standar bola tenis meja
Sumber gambar: pexels.com, by Ingo Joseph

Ukuran standar bola tenis meja:

  • Diameter bola tenis: 40 mm.
  • Berat bola tenis 2,7 gram.
  • Bola tenis bisa berwarna putih atau oranye.
  • Terbuat dari bahan selulosa yang ringan.
  • Memiliki ketinggian pantulan bola pertama 23-26 cm saat dijatuhkan dari ketinggian 30,5 cm.

Jika sobat perhatikan, dalam bola tenis terdapat simbol bintang, mulai bintang satu hingga bintang tiga. Semakin tinggi tingkatan bintang pada bola tenis, semakin tinggi juga kualitas bolanya. Bola tenis bintang tiga atau yang tertinggi biasanya digunakan untuk turnamen-turnamen resmi.

Sekian pembahasan dari Aminama.com mengenai teknik dasar permainan tenis meja, semoga artikel ini bisa sobat gunakan untuk referensi.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply