4 Teknik Dasar Olahraga Lompat Jauh (yang Mudah Dipelajari)

4 Teknik Dasar Olahraga Lompat Jauh (yang Mudah Dipelajari)

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga (cabor) atletik yang cukup populer. Untuk menjadi ahli dalam cabor ini, diperlukan penguasaan teknik dasar lompat jauh yang baik dan benar.

Meskipun terlihat mudah untuk dilakukan, cabor yang satu ini ternyata membutuhkan konsentrasi, fisik yang kokoh serta latihan yang rutin agar dapat melompat sejauh mungkin dengan sempurna dan tanpa cedera.

Bagi sobat yang masih bingung mengenai teknik-teknik dasar dan cara melakukan lompat jauh, artikel ini akan menjadi referensi yang sangat bagus untuk dipraktikkan.

Yuk langsung saja kita simak ulasan lompat jauh berikut ini yang dilengkapi dengan gambar dan video.

Check it out.

Pengertian dan Sejarah Singkat Lompat Jauh

Sejarah Singkat Lompat Jauh
Sumber gambar: sumbercenel.com

Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atau cabor atletik melompat dunia (selain lompat tinggi), yang kerap kali dilombakan dalam ajang perlombaan internasional.

Prinsip dasar dari lompat jauh sendiri yaitu melakukan teknik gerakan lompatan ke depan (gerakan tolakan) dengan tujuan agar badan atlet melayang di udara dengan cepat dan memperoleh jarak pendaratan sejauh-jauhnya.

Sejarah lompat jauh di dunia dimulai sekitar 13 abad silam, tepatnya tahun 708 masehi saat diadakannya ajang Olimpiade Kuno di Yunani.

Uniknya, saat itu lompat jauh menjadi satu-satunya olahraga lompatan yang diadakan dalam olimpiade tersebut.

Pada mulanya, cabor lompat jauh bertujuan untuk membentuk mental dan fisik para anggota militer. Seiring perkembangan zaman, cabor ini mulai diperlombakan dalam ajang olimpiade tingkat internasional.

Cabor lompat jauh mulai dilombakan secara resmi pada tahun 1896, yang dikhususkan untuk para pria.

Akan tetapi, pada tahun 1914, seorang pria bernama Dr. harry Eaton Strwart memberikan rekomendasi agar dibuatkannya running board jump yang distandarisasikan khusus atlet perempuan, sehingga kaum hawa pun bisa mengikuti perlombaan ini.

Akhirnya pada tahun 1948, setelah melalui proses pertimbangan yang cukup panjang, kebijakan ini disetujui dan kaum hawa diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam ajang olimpiade lompat jauh secara resmi.

4 Teknik Dasar Lompat Jauh

teknik dasar lompat jauh
Sumber gambar: berolahraga.net

Untuk bisa menjadi atlet profesional dalam cabor lompat jauh, setidaknya kita harus menguasai beberapa teknik dasarnya terlebih dahulu. Teknik dasar dari lompat jauh terbagi menjadi 4 bagian, teknik awalan, tolakan, melayang, dan pendaratan.

Yuk kita kupas satu persatu.

1. Teknik Awalan Lompat Jauh

Teknik awalan lompat jauh
Sumber gambar: yuksinau.id

Teknik awalan dalam olahraga lompat jauh yaitu dengan cara berlari sekencang-kencangnya hingga mencapai kecepatan maksimal.

Beberapa atlet membutuhkan jarak antara 30 meter hingga 45 meter untuk mencapai kecepatan maksimalnya. Bahkan beberapa membutuhkan jarak ancang-ancang yang lebih jauh.

Cara melakukan teknik awalan dalam lompat jauh :

  1. Posisikan kaki dengan nyaman, baik posisi sejajar atau bisa dengan salah satu kaki berada di depan.
  2. Berlari dengan perlahan terlebih dahulu, lalu lakukan lari sprint hingga mencapai kecepatan maksimal.
  3. Usahakan saat lari sprint, tubuh masih seimbang dan terkendali agar dapat melakukan tolakan.
  4. Ketika sudah mencapai jarak sekitar  3-5 langkah dari papan tolakan, sobat perlu bersiap untuk melakukan tolakan.

Agar dapat melakukan teknik awalan dengan optimal, sobat perlu membiasakan diri untuk lari cepat atau sprint dari garis start hingga papan tolakan.

Dengan membiasakan diri berlari sprint, tubuh sobat nantinya akan terbiasa dan lebih mudah untuk menemukan momen yang pas ketika akan melakukan tolakan.

2. Teknik Tolakan Lompat Jauh

Teknik tolakan lompat jauh
Sumber gambar: yuksinau.id

Setelah melakukan teknik awalan, selanjutnya yaitu gerakan tolakan. Teknik dasar yang satu ini bertujuan untuk merubah kecepatan lari horizontal ke kecepatan vertikal, sehingga tubuh bisa terangkat ke atas dan melayang di udara.

Untuk melakukan gerakan ini, atlet biasanya menggunakan kaki yang paling dominan sebagai tumpuan. Teknik tolakan ini akan sangat berpengaruh terhadap seberapa jauh jarak lompatan yang diperoleh atlet ketika mendarat.

Untuk mendapatkan hasil tolakan yang maksimal, dibutuhkan kekuatan, kecepatan, koordinasi tubuh serta momen yang tepat sebelum melakukan lompatan.

Cara melakukan teknik tolakan dalam lompat jauh :

  1. Ayunkan paha dan kaki ke arah horizontal dengan seimbang.
  2. Tepat saat akan menjadikan salah satu kaki sebagai tumpuan, condongkan badan sedikit ke depan.
  3. Gunakan kaki yang paling kuat sebagai tumpuan.
  4. Ambil gerakan bertolak ke depan dan mengarah ke atas.
  5. Ambil sudut tolakan sekitar 45 derajat.

BACA JUGA : 7 Teknik Dasar Tenis Meja (yang Mudah Dipelajari bagi Pemula)

3. Teknik Melayang Lompat Jauh

Teknik melayang di udara
Sumber gambar: yuksinau.id

Tepat setelah melakukan tolakan, teknik dasar selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu melayang di udara. Ketika tubuh berada di udara, sobat perlu menjaga keseimbangan tubuh. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan gerakan kaki seolah-olah berjalan di udara.

Cara melakukan teknik melayang di udara :

  1. Saat melakukan tolakan, ayunkan kaki ke depan yang mengarah ke atas.
  2. Ketika melayang di udara, turunkan kaki yang diikuti dengan beberapa gerakan seperti mendorong pinggul ke depan, membusungkan dada, mengayunkan kedua tangan, serta menengadahkan kepala.
  3. Saat akan melakukan pendaratan, ayunkan kedua kaki dan tangan ke depan yang diikuti dengan gerakan membungkukkan badan, menundukkan kepala dan mendorong kedua kaki ke depan.

4. Teknik Pendaratan Lompat Jauh

Teknik pendaratan lompat jauh
Sumber gambar: yuksinau.id

Teknik terakhir dalam olahraga lompat jauh yaitu pendaratan. Cara melakukan pendaratan yaitu dengan menundukkan kepala yang diikuti gerakan merentangkan tangan dan kaki kedepan (dengan agak sedikit menekuk kaki).

Tujuan dari sikap ini yaitu agar saat mendarat, tidak ada anggota badan lain yang mengenai pasir yang posisinya lebih ke belakang daripada kaki.

Agar tidak jatuh saat mendarat (jatuh duduk) sebaiknya setelah tumit menyentuh pasir area pendaratan, sobat perlu mencondongkan badan ke arah depan dengan posisi kedua lutut sedikit ditekuk.

3 Macam Gaya dalam Lompat Jauh

Dalam teknik dasar olahraga lompat jauh, salah satunya terdapat gerakan melayang di udara. Gerakan melayang ini dalam dilakukan dengan tiga cara berikut.

1. Gaya Ortodok (Sikap Jongkok)

Gaya Ortodok (Sikap Jongkok)
Sumber gambar: yuksinau.id

Gaya ini dilakukan untuk memperoleh kecepatan tertinggi saat akan melompay

Cara melakukan gaya ortodok :

  1. Ketika mulai melayang di udara, kedua lutut di tekuk dan diangkat ke atas.
  2. Saat akan melakukan pendaratan, tangan ditarik ke belakang dan kaki diarahkan kedepan yang disertai dengan menundukkan kepala.
  3. Lakukan pendaratan dengan sempurna.

2. Gaya Schnepper (Sikap Menggantung)

teknik dasar lompat jauh gaya Schnepper
Sumber gambar: yuksinau.id

Cara melakukan gaya schnepper :

  1. Sesaat setelah melakukan tolakan, ayunkan kedua kaki ke belakang dan ke depan yang diikuti dengan irama gerakan tangan.
  2. Angkat tangan ke atas untuk menyeimbangkan badan saat berada di udara dan usahakan agar posisi tubuh tetap tegak.
  3. Saat akan melakukan pendaratan, luruskan kedua kaki ke depan dan lakukan pendaratan dengan kedua tumit kaki terlebih dahulu.

3. Gaya Berjalan di Udara

Gaya Berjalan di Udara
Sumber gambar: yuksinau.id

Gaya melompat ini kerap kali digunakan oleh atlet lompat jauh. Nama lain dari gaya ini yaitu walking in the air.

Cara melakukan gaya berjalan di udara :

  1. Tepat sebelum melakukan tolakan, pinggang sedikit diturunkan dan luruskan lutut besarta sendi mata kaki.
  2. Saat berada di udara, lakukan gerakan seolah sedang berjalan di tanah.
  3. Saat akan mendarat, tarik lengan dan kaki kedepan dan kebawah.
  4. Lakukan pendaratan dengan sempurna.

Video Teknik Dasar Lompat Jauh

Untuk mempermudah dalam pemahaman materi teknik dasar dari olahraga lompat jauh di atas, sobat bisa menonton video di bawah ini :

BACA JUGA : Teknik Permainan Bola Voli Lengkap | Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Pencipta, dll

3 Peraturan Dasar Lompat Jauh

peraturan olahraga
Sumber gambar: getty images

Dalam olahraga lompat jauh, setidaknya terdapat tiga aturan dasar yang tidak boleh dilanggar oleh atlet. Berikut tiga peraturan dasar lompat jauh.

  1. Ujung kaki atlet tidak diperbolehkan sedikitpun melebihi batas titik tolakan. Apabila melanggar aturan ini, maka dianggap tidak sah. Posisi kaki atlet harus berada di area titik tolakan yang telah ditentukan agar dianggap sah.
  2. Atlet tidak diperbolehkan melakukan gaya salto ketika melakukan teknik melayang di udara. Apabila melanggar aturan ini, maka lompatan dianggap tidak sah.
  3. Atlet tidak diperbolehkan menyentuh bagian tepi ataupun bagian luar dari bak pasir saat melakukan pendaratan. Apabila melanggar aturan ini, maka lompatan dianggap tidak sah.

Ukuran Lapangan Lompat Jauh

Ukuran lapangan lompat jauh
Sumber gambar: gudangpelajaran.com

Lapangan atau area untuk melakukan lompat jauh terbagi menjadi tiga bagian, yaitu lintasan untuk awalan, papan tolakan, dan bak pasir. Berikut ukurannya :

Lintasan Awalan Lari

Ukuran standar internasional untuk lintasan awalan lari sebelum papan tolakan yaitu sejauh 40 m, dengan lebar lintasan sekitar 1,22-1,25 m.

Pada bagian tepinya diberi tanda dengan cat berwarna putih. Tanda ini bertujuan untuk membatasi atlet agar tidak melewati batas lintasan.

Papan Tolakan

Papan tolakan terletak sebelum bak pasir dan biasanya terbuat dari kayu. Jarak antara batas depan papan tolakan dengan tepi bak pasir yaitu sekitar satu meter.

Ukuran standar dari papan tolakan ini yaitu memiliki panjang 1,22 m dengan lebar 20 cm dan tebal 10 cm. Papan tolakan sendiri diberi cat berwarna putih agar mudah terlihat atlet.

Bak Pasir

Ukuran standar dari bak pasir yang digunakan dalam olahraga lompat jauh yaitu memiliki panjang 9 m dengan lebar 2,75 m.

Dalam kompetisi lompat jauh, bak pasir yang digunakan harus terisi pasir dengan penuh dan juga pada bagian bak dipasang alat tertentu untuk meratakan pasirnya kembali setelah habis digunakan oleh atlet sebelumnya.

Perbedaan Lompat Jauh dan Lompat Jangkit

Perbedaan lompat jauh dan lompat jangkit
Sumber gambar: gudangpelajaran.com

Hampir sebagian besar orang awam mengira bahwa lompat jauh sama dengan lompat jangkit. Padahal pernyataan ini salah besar.

Memang benar sekilas kedua cabor ini terlihat mirip, akan tetapi terdapat perbedaan mendasar dari keduanya.

Perbedaan yang pertama yaitu jarak tempuh loncatan. Pada cabor lompat jauh, penilaian kompetisi berdasarkan sejauh apa jarak pendaratan atlet lompat jauh dengan sekali tolakan atau hentakan.

Sedangkan untuk cabor lompat jangkit tidak menggunakan satu kali hentakan kaki, melainkan tiga kali tolakan atau hentakan (tiga kali melayang di udara).

Hasil pengukuran jarak lompatan bersifat kumulatif dari ketiga tolakan tersebut, yang dikenal dengan nama hot step jump.

Fokus atlet lompat jangkit pun tidak terletak pada seberapa jauh hentakan kakinya, namun terletak pada upaya atlet tersebut untuk dapat melewati mistar yang nantinya akan dijadikan wasit untuk memberikan poin kepada atlet.

Perbedaan selanjutnya yaitu terletak pada pasir yang digunakan. Pada lompat jauh, pasir yang digunakan harus memiliki tekstur yang lembut dan tidak mengandung krikil atau benda-benda mengganggu lainnya.

Sedangkan pada lompat jangkit, tidak hanya pasir yang lembut dan bebas kerikil saja yang diperhatikan, akan tetapi juga penggunaan matrasnya.

Sekian informasi mengenai teknik dasar dari olahraga lompat jangkit. Apabila ada pertanyaan, sobat bisa bertanya di kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply