Teknik Permainan Bola Voli Lengkap | Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Pencipta, dll

Teknik Permainan Bola Voli Lengkap | Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Pencipta, dll
Sumber: pexels.com, by Jim De Ramos

Hallo sobat, kali ini aminama.com akan membahas tentang beberapa teknik dasar permainan bola voli.

Permainan bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang masih populer hingga saat ini di seluruh dunia. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pun gemar melakukan olahraga bola voli ini.

Cabang olahraga ini bisa dikatakan cukup sulit dilakukan lho, terutama bagi pemula. Nah, kalau kalian masih pemula dan ingin menjadi jago di olahraga bola voli ini, setidaknya kalian harus menguasai materi teknik dasar permainan bola voli dan cara melakukannya dengan benar.

Daripada penasaran, yuk langsung saja di simak ulasan berikut.

Check it out.

Pengertian Permainan Bola Voli

service voli
Sumber: https://moondoggiesmusic.com/

Permainan bola voli adalah salah satu cabang dari olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim berisikan enam orang pemain.

Olahraga yang dinaungi oleh organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) ini bertujuan untuk melontarkan bola menuju area lawan serta menjaga agar bola voli tidak jatuh ke area tim kawan. Di tingkat dunia, permainan bola voli ini dinaungi oleh Federation Internationale de Volleyball (FIVB).

Selain dibutuhkan daya tahan fisik yang kuat, ternyata dalam permainan bola voli juga dituntut skill kelincahan dari para pemainnya juga lho. Jadi, meskipun tim kita memiliki daya tahan fisik yang kuat, tetapi ketika bertanding tim kita tidak lincah dalam menerima bola, bisa dipastikan tim kita bakal kalah.

Oleh karena dalam permainan voli ini dimainkan lebih dari satu orang, terdapat satu hal yang penting lagi dalam permainan bola voli, yaitu kerjasama tim. Kerjasama tim ini merupakan hal yang paling krusial dalam permainan voli. Kurangnya koordinasi antar pemain akan mengantarkan tim tersebut ke gerbang kekalahan lho sob.

Jadi sebelum kalian memulai permainan voli, jangan lupa untuk berkoordinasi dengan pemain di tim kalian ya.

Sejarah Singkat Permainan Bola Voli

sejarah voli
Sumber: http://welovevolleyball.co

Sebelum masuk ke pembahasan teknik permainan bola voli yang baik dan benar, ada baiknya kalian mengetahui dulu asal muasal olahraga yang digemari oleh sebagian besar penduduk dunia nih, khususnya Indonesia. Permainan ini rupanya bukan berasal dari Indonesia lho, sob.

Penasaran kan? Yuk disimak sejarah singkat permainan bola voli berikut ini.

Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia

sejarah permainan bola voli dunia
Sumber: https://volleycountry.com

Menurut Arifin Saddoen, permainan bola voli merupakan kombinasi dari permainan bola basket, baseball, dan handball. Sejarah awal ditemukannya cabang olahraga ini yaitu berawal dari organisasi kepemudaan yang mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat kristiani.

Organisasi ini dinamakan dengan Young Men’s Cristian Association (YMCA).

Organisasi yang berdiri pada tanggal 6 Juni 1884 di London ini, diprakarsai oleh William G. Morgan. YMCA memberikan fasilitas kepada pemuda kristiani seperti penginapan, pendidikan, serta olahraga.

Sejak William G. Morgan bertemu dengan salah satu pencipta permainan bola basket, James Naismith, pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, Amerika, Morgan pun terinspirasi untuk menciptakan permainan sejenis yang hampir mirip.

Bisa dikatakan teknik permainan bola voli ini diciptakan oleh William G. Morgan.

William G. Morgan merupakan salah satu instruktur pendidikan jasmani (Directorof Physical Education) di organisasi YMCA. Instruktur jasmani yang juga merupakan lulusan dari Springfield Collage of YMCA ini lahir pada tahun 1870 dan meninggal pada tahun 1942.

Pada mulanya, permainan voli ini hanya diperuntukkan bagi anggota YMCA yang sudah tidak lagi muda, oleh karenanya olahraga ini dibuat tidak seaktif permainan basket.

Meskipun hampir mirip dengan permainan basket, namun tetap saja teknik permainan bola voli ini sangat berbeda dengan teknik bola basket.

Mungkin kalian belum tahu, bahwa dulunya permainan  ini disebut dengan Mintonette, yang kemudian pada tahun 1896 berubah nama menjadi volley ball atau bola voli.

Perubahan nama ini berawal dari seorang Director of the Professional Physical Education Traning Center, Dr. Luther Hasley Gulick, mengundang William G. Morgan untuk mengenalkan cabang olahraga yang baru ia temukan.

Morga pun membawa 10 orang yang nantinya dibagi menjadi dua tim untuk mendemonstrasikan cabang olahraga voli. Sejak dikenalkannya cabang olahraga baru ini di acara tersebut, permainan ini pun menjadi semakin terkenal bahkan hingga ke Kanada, wihh keren gak tuh.

Saking banyaknya peminat di cabang olahraga ini, pada tahun 1947 didirikan organisasi IVBF (International Volley Ball Federation) yang menjadi induk permainan bola voli kelas dunia.

Organisasi ini memiliki anggota di 15 negara dan menjadikan Paris (Prancis) sebagai pusatnya. Semenjak berdirinya organisasi IVBF, setiap dua tahun sekali diadakan pertandingan bola voli tingkat internasional.

Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia

Sejarah permainan bola voli di Indonesia bermula dari masa penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1928. Pada masa penjajahan itu, tentu permainan ini hanya boleh dimainkan oleh orang Belanda serta kalangan bangsawan saja.

Selain itu, para tentara juga andil besar dalam penyebaran cabang olahraga ini. Para tentara biasanya memainkan voli di asrama-asrama dan lapangan terbuka, sehingga sering disaksikan oleh masyarakat sekitar pada saat itu.

Oleh karenanya, hanya membutuhkan waktu singkat bagi permainan voli ini untuk menyebar ke seluruh Indonesia. Bahkan saking populernya olahraga ini, di kota-kota besar Indonesia mulai banyak bermunculan club-club  bola voli.

Untuk meningkatkan potensi bangsa Indonesia di cabang olahraga voli, maka dibentuklah organisasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang didirikan di Jakarta.

Pada tahun 1951, tepatnya bulan Oktober, cabang olahraga ini sudah mulai didaftarkan secara resmi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) II yang diselenggarakan di Jakarta.

Kegiatan PBVSI tidak berkutat hanya di Indonesia saja lho, organisasi ini juga aktif dalam kegiatan voli tingkat Internasional. Hingga saat ini, PBVSI masih sering berkontribusi dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui cabang olahraga voli.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

teknik dasar permainan voli pemula
Sumber: https://dikatama.com

Bagi pemula, permainan voli tentu menjadi momok tersendiri. Penempatan posisi tubuh dan tangan yang pas saat menerima operan dari kawan akan terasa cukup susah apabila kita belum tahu tekniknya. Sehingga bagi pemula, perlu mempelajari teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli.

Oleh karenanya, selanjutnya kita akan membahas teknik dasar permainan bola voli mulai dari serving, passing, smash hingga blocking.

Langsung saja, berikut beberapa teknik dasar permainan bola voli berserta gambarnya.

Teknik Permainan Bola Voli Service

teknik permainan bola voli
Sumber: sportku.com

Service adalah salah salah satu teknik memukul bola, dimana bola voli tersebut harus melewati net menuju area lawan. Biasanya target pukulan service ini mengarah ke area lawan yang kosong atau pemain lawan yang terlihat kurang lincah, sehingga lawan tidak mampu menguasai bola dan bola jatuh ke area lawan yang menyebabkan tim kawan mendapatkan tambahan poin.

Uniknya, beberapa pemain pemula kesusahan dalam melakukan teknik service ini, namun jika kalian sudah menguasai teknik pukulan service, poin pun akan terasa cukup mudah didapatkan.

Pukulan service dalam permainan bola voli terbagi menjadi 4 cara, yakni sebagai berikut:

1. Service Bawah

teknik service
Sumber: https://moondoggiesmusic.com/

Langkah – langkah melakukan teknik service bawah:

  1. Posisi badan dalam keadaan tegap dan agak condong kedepan dengan posisi kaki kiri di depan
  2. Lambungkan bola keatas dengan rendah
  3. Ayunkan tangan dari belakang menuju bola voli sembari mengepalkan tangan dengan kuat, lalu pukul bola
  4. Saat akan memukul bola, kondisikan posisi tubuh senyaman mungkin
  5. Arahkan bola ke arah pemain yang kurang piawai

2. Service Samping

teknik service samping
Sumber: https://moondoggiesmusic.com

Langkah – langkah melakukan teknik service samping:

  1. Posisi badan tegap dengan kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
  2. Jadikan kaki kanan sebagai tumpuan serta posisikan tangan kanan kebelakang
  3. Pegang bola setinggi leher dengan tangan kiri
  4. Lambungkan bola dengan rendah kearah atas
  5. Ayunkan tangan kanan dari belakang
  6. Pukul bola sekuat mungkin dan terarah menuju area lawan
  7. Gerakkan badan sedikit memutar ketika memukul bola
  8. Jadikan kaki kiri sebagai tumpuan setelah memukul bola

3. Service Atas

Dalam teknik permainan bola voli service atas, dapat dibagi lagi menjadi dua teknik, yaitu floating service dan overhand around house service.

  • Floating Service
teknik service floating
Sumber: https://gurupenjaskes.com/

Teknik service ini merupakan teknik dimana bola yang dipukul tidak boleh berputar sehingga bola terlihat mengambang di udara.

Langkah – langkah melakukan teknik floating service:

      1. Posisikan tubuh dalam keadaan tegap menghadap net
      2. Sejajarkan kedua kaki dengan bahu
      3. Lambungkan bola ke atas setinggi ±1 meter
      4. Pukul bola tepat pada bagian tengah belakang
  • Overhand Around House Service
teknik permainan bola voli overhand around house service
Sumber: https://gurupenjaskes.com/

Nama lain dari overhand around house service yaitu hook service. Bagi pemula, jenis service ini sangat sulit untuk dilakukan. Untuk melakukannya, dibutuhkan ketepatan pukulan agar bola berputar saat melewati net.

teknik around house service cara
Sumber: https://gurupenjaskes.com/

Teknik ini sangat menguntungkan karena akan membuat bola menukik ketika service, sehingga membuat lawan kewalahan menerimanya.

Langkah – langkah melakukan teknik Overhand Around House Service:

      1. Posisikan bola di depan badan dengan tangan kiri
      2. Lambungkan bola keatas dan tarik tangan tangan kanan sejauh mungkin ke belakang sembari menekuk kaki kiri
      3. Lakukan pukulan pada bola dengan ayunan melingkar saat bola berada di posisi yang tepat serta jadikan kaki kiri sebagai tumpuan

4. Jump Service

teknik jump service
Sumber: https://moondoggiesmusic.com

Langkah – langkah melakukan teknik jump service:

  1. Posisikan tubuh dalam keadaan tegap dan kaki merapat
  2. Pegang bola voli dengan kedua tangan, posisikan didepan tubuh
  3. Posisikan salah satu kaki kedepan, lalu lambungkan bola keatas
  4. Posisikan tubuh untuk siap melakukan lompatan ketika bola melambung keatas
  5. Saat bola berada di jangkauan lengan, lakukan lompatan dan pukul bola dengan telapak tangan sekuat tenaga
  6. Lakukan pendaratan dengan sempurna dengan memindahkan tumpuan berat badan kedepan

BACA JUGA: Materi Bola Basket LENGKAP | Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, dll

Teknik Permainan Bola Voli Passing

teknik dasar permainan bola voli passing
Sumber: https://www.volleyballaddict.com

Setelah kalian bisa menguasai materi teknik permainan bola voli service selanjutnya kalian bisa mempelajari bagaimana cara melakukan passing bola voli. Passing merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk memberikan oper ke kawan satu tim.

Jika kalian bisa melakukan passing dengan sempurna, maka tim kalian yang lain akan dengan mudah mengeksekusi operan kalian tadi.

Teknik passing dalam permainan bola voli sendiri memiliki dua acara, yaitu passing bawah dan passing atas.

1. Passing Bawah

teknik permainan bola voli passing bawah
Sumber: https://moondoggiesmusic.com/

Langkah – langkah melakukan teknik passing bawah:

  1. Berdiri dengan tegap dan santai
  2. Buka kedua kaki dengan lebar dan sejajarkan
  3. Tekuk kedua lutut kalian dengan posisi yang nyaman
  4. Sejajarkan ibu jari serta lurus dan rapatkan lengan kalian
  5. Posisikan kedua tangan kalian di depan badan
  6. Ayunkan lengan kalian hingga sejajar dengan leher
  7. Saat mengayun, posisikan bola tepat mengenai pergelangan tangan bagian atas

2. Passing Atas

teknik permainan bola voli passing atas
Sumber: https://moondoggiesmusic.com

Langkah – langkah melakukan teknik passing atas:

  1. Berdiri dengan tegap dan santai
  2. Buka kedua kaki kalian selebar bahu dan sejajarkan
  3. Arahkan pandangan pada bola voli yang datang
  4. Tekuk kedua lutut kalian
  5. Posisikan kedua tangan tepat didepan muka dan buka jari-jari tangan kalian dengan santai
  6. Tekuk kedua siku kalian
  7. Ketika bola datang, dorong bola menggunakan telapak tangan sembari meluruskan kedua lengan kalian

Teknik Permainan Bola Voli Smash

teknik permainan bola voli smash
Sumber: https://moondoggiesmusic.com/

Mungkin beberapa dari kalian sudah pernah mendengar teknik ini. Teknik smash atau yang sering disebut dengan spike adalah teknik yang dilakukan dengan cara melompat dan menggunakan pukulan dengan kekuatan terbesar ke arah area lawan yang kosong.

Bagi beberapa pemain, ini merupakan teknik permainan bola voli yang terfavorit. Bahkan kalau kalian bisa menguasai teknik smash ini dengan baik, kalian akan terlihat keren dan membuat lawan bertekuk lutut dihadapan kalian, lho.

Meskipun demikian, ternyata teknik permainan bola voli smash ini sangat susah untuk dikuasai, hal ini karena dibutuhkan insting yang kuat kapan kita harus memukul bola dengan tepat dan akurat. Selain itu, kita juga harus melewati blocking dari pihak lawan.

Tapi tenang saja, seiring bertambahnya jam terbang kalian, teknik smash ini akan mudah kok untuk kalian kuasai.

Menurut arah bola, smash dibagi menjadi dua yaitu smash silang dan smash lurus. Teknik smash silang adalah smash yang dilakukan ke arah kiri atau kanan daerah lawan yang rawan kehilangan poin.

Berbeda halnya dengan Teknik smash silang, teknik ini mengarahkan bola lurus kedepan pada daerah lawan yang dirasa rawan kehilangan poin.

Cara Melakukan Smash

Secara umum, melakukan smash sendiri terbagi menjadi empat bagian, yaitu:

  • Awalan
    1. Posisikan tubuh sekitar dua hingga tiga meter dari posisi bola melambung
    2. Ambil satu langkah kedepan yang kemudian diikuti oleh kaki lainnya
    3. Julurkan tangan kedepan, lalu ayunkan kebelakang
  • Loncatan
    1. Lakukan loncatan setinggi mungkin
    2. Pastikan tangan berayun kedepan sembari bersiap melakukan smash
  • Pukulan
    1. Pukul bola ke arah daerah lawan sekuat mungkin dan harus terarah
    2. Pukul bola di bagian tertentu sehingga bola dapat menukik tajam ke arah lawan
  • Pendaratan
    1. Lakukan pendaratan dengan sedikit menekuk lutut untuk mengurangi resiko cedera
    2. Posisikan tubuh dalam keadaan nyaman

Teknik Permainan Bola Voli Blocking

teknik permainan bola voli blocking
Sumber: https://moondoggiesmusic.com/

Teknik permainan bola voli blocking adalah teknik untuk mencegah lawan melakukan smash ke arah daerah tim kawan. Biasanya pemain yang melakukan blocking ini memiliki postur tubuh yang tinggi, sehingga hasilnya maksimal.

Menurut jumlah yang melakukan blocking, teknik ini dibagi menjadi dua, yaitu blocking tunggal dan blocking berkawan. Blocking tunggal dilakukan oleh satu orang pemain, sedangkan blocking berkawan dilakukan lebih dari satu pemain. Biasanya yang melakukan blocking 2-3 pemain.

Teknik blocking ini wajib dikuasai oleh semua pemain voli.

Langkah – langkah dalam melakukan teknik blocking:

  1. Posisikan badan dalam keadaan tegap dan santai
  2. Sejajarkan kaki dengan posisi kedua tangan berada di dada dan menghadap net
  3. Lalu lakukan lompatan serta julurkan tangan ke net mengikuti arah bola yang dipukul oleh tim lawan

Manfaat Menguasai Teknik Permainan Bola Voli

Manfaat menguasai teknik permainan bola voli
Sumber: http://widyaningrumretno.blogspot.com/

Dalam permainan voli, selain mengandalkan fisik yang kuat, kelincahan, dan strategi yang baik, ternyata pemain di wajibkan untuk menguasai teknik permainan bola voli. Hal ini bertujuan agar ketika kita menjadi pemain tosser, libero, smasher, maupun defender, kita bisa menyesuaikan porsi kita masing-masing.

Contohnya seperti pemain tosser wajib menguasai teknik permainan bola voli smash dan juga blocking, ini karena pemain tosser berada didepan net dan harus selalu siap dalam mem-blocking­ serangan dari lawan.

Contoh lainnya seperti pemain smasher, tentu pemain ini wajib menguasai teknik permainan bola voli smash dan blocking juga.

Peraturan Permainan Bola Voli Terbaru

peraturan permainan bola voli
Sumber: http://iapi.or.id

Sistem permainan bola voli sendiri menggunakan sistem setengah kompetisi, yaitu dimana dalam pertandingan terdiri dari 8 tim yang nantinya akan dibagi menjadi 2 kelompok.

Setiap kelompok berisikan 4 tim. Setiap tim berisikan 10 pemain yang terdiri dari 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan. Pergantian pemain antara pemain inti dan pemain cadangan tidak dibatasi kok.

Saat sesi berakhir, setiap tim yang betanding harus bertukar posisi lapangan. Jika telah ditentukan babak penentuan, maka bagi tim yang mendapatkan score terendah boleh meminta untuk bertukar lapangan ketika tim lawan telah mencapai score 13.

Dalam permainan voli, terdapat tiga babak pertandingan, atau biasa disebut best of three. Akan tetapi, jika akhir babak kedua sudah diketahui siapa tim mana yang memenangkan pertandingan, maka babak ketiga tidak dilaksanakan.

Peraturan Voli (Bagian 1)

Berikut peraturan permainan bola voli lengkap:

  • Dalam 1 tim, terdiri dari 6 pemain inti dan 4 cadangan
  • Pemain voli wajib mengenakan pakaian olahraga dengan warna yang sama dalam 1 tim, nomer punggung, dan nomer dada.
  • Pergantian service dalam tim searah dengan arah jarum jam
  • Terdapat 25 rally point
  • Durasi dalam pertandingan bergantung dari total poin dalam satu set (rally poin baru akan didapatkan ketika mencapai score 15 poin)
  • Jika hasil yang didapatkan imbang, contohnya 24-24, maka pertandingan akan diperpanjang 2 poin. Apabila salah satu tim berhasil unggul dengan selisih 2 poin, maka tim tersebut yang memenangkan pertandingan
  • Kemenangan dalam babak penyisihan, mendapatkan poin Satu

Peraturan Voli (Bagian 2)

  • Apabila bola masuk ke area lawan / terkena area dalam lawan / garis pas lapangan, maka akan mendapatkan poin
  • Pertandingan dipimpin oleh 1 wasit yang dibantu oleh 4 asisten wasit yang betugas sebagai penjaga garis, dan satu orang wasit sebagai pengatur
  • Setiap tim hanya boleh melakukan 3 kali sentuhan
  • Time out hanya dilakukan sekali dalam setiap babak dengan durasi satu menit
  • Kualitas angka yang didapatkan pada setiap set yang dimainkan akan digunakan untuk penentuan juara pertama dan runner-up, jika terdapat kasus dimana dalam dua tim atau lebih mendapatkan score poin yang sama

Pelanggaran Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli, tentu kita dilarang untuk melakukan hal-hal tertentu yang apabila kita langgar, konsekuensinya akan mendapatkan pelanggaran. Berikut beberapa kesalahan dan pelanggaran dalam permainan bola voli.

1. Kesalahan saat service

  • Pemain telama mengulur waktu untuk melakukan service
  • Saat melakukan service, bola tidak dipukul dengan tangan dan tidak melambung
  • Bola service menyentuh net, melalui bawah net, bahkan keluar lapangan
  • Pemain menginjak gari batas saat melakukan service

2. Pelanggaran net

  • Pemain secara sengaja maupun tidak sengaja menyentuh net ataupun tiang saat pertandingan berlangsung
  • Tangan pemain melewati batas net serta menyentuh bola ketika tim lawan belum menyelesaikan serangan
  • Kaki pemain secara sengaja atau tidak sengaja melewati batas garis tengah saat pertandingan berlangsung

3. Keluar dari posisi

  • Saat melakukan service, pemain tidak berada dalam posisi service yang seharusnya
  • Pukulan service dilakukan bergilir antar tim, jika terdapat pemain yang melakukan service diluar gilirannya, maka dianggap melakukan kesalahan, bahkan bisa menjadi pelanggaran
  • Pemain belakang baik secara sengaja maupun tidak sengaja melakukan blocking di dekat net
  • Pemain cadangan yang menggantikan pemain utama ketika pertandingan sedang berlangsung, tidak menempati posisi sebelumnya

4. Pelanggaran saat bermain

  • Saat bola menuju tim kawan, pemain yang sama melakukan sentuhan sebanyak dua kali secara berurutan
  • Ketika terjadi sentuhan, bola dihentikan. Dalam pertandingan, dilarang menghentikan bola
  • Pemain cadangan yang mengganti tidak melapor ke wasit pertandingan voli
  • Secara sengaja maupun tidak sengaja pemain memasuki lapangan lebih dari tiga kali

5. Pelanggaran perilaku

  • Semua tim, baik pemain, pelatih, pemain pengganti ataupun manajer mengeluarkan kata-kata tidak pantas dan menyela tim lawan
  • Pemain pengganti, pelatih, manajer maupun supporter dari kedua tim yang bertanding memasuki lapangan pertandingan
  • Berteriak dengan keras guna mengganggu konsentrasi lawan ketika bertanding

BACA JUGA: Blue Fire Ijen, Fenomena Alam Langka yang Hanya Ada Dua di Dunia!

Posisi Pemain Bola Voli

posisi pemain dalam permainan bola voli
Sumber: http://bola-volly.blogspot.com/

Selain mengetahui peraturan dan teknik permainan bola voli, ada baiknya kalian juga memahami posisi dari masing-masing pemain, agar nantinya ketika bertanding dapat menyesuaikan permainan sesuai porsi masing-masing.

Berikut posisi pemain bola voli:

  • Posisi Tosser

Posisi ini bertugas untuk mengoper bola dalam satu tim, terutama mengoper ke posisi spike agar dapat melakukan smash dengan sempurna. Selain itu pemain tosser  wajib menguasai teknik permainan bola voli smash dan blocking

  • Posisi Libero

Posisi ini bertugas untuk menahan dan menerima serangan lawan saat bola datang dengan teknik passing, baik passing atas maupun passing bawah. Pemain libero dilarang melakukan smash

  • Posisi Spiker/smasher

Posisi ini bertugas untuk memberikan pukulan smash ke area lawan yang rentan kehilangan poin. Seorang smasher wajib menguasai teknik permainan bola voli smash maupun blocking

  • Posisi Defender

Posisi ini bertugas menahan serangan yang datang dari arah lawan

Lama Waktu Permainan Bola Voli

lama waktu permainan bola voli
Sumber: pexels.com, by pixabay

Dalam beberapa cabang olahraga seperti bola basket, sepak bola dan sejenisnya, biasanya memiliki waktu pertandingan dengan batasan tertentu. Akan tetapi dalam pertandingan bola voli tidak ditentukan waktu pertandingannya.

Pertandingan ditentukan oleh angka 25 poin yang didapatkan oleh salah satu tim yang betanding (atau rally poin yang pada saat itu juga pertandingan berakhir).

Dalam menentukan tim yang memenangkan pertandingan, permainan voli menggunakan dua sistem, yaitu two winning set (salah satu tim mendapatkan poin tertinggi dalam dua set kemenangan) dan three winning set (satu tim memperoleh kemenangan dalam tiga set langsung).

Ukuran Lapangan Bola Voli Beserta Keterangannya Lengkap

Dalam pertandingan bola voli, ternyata ukuran lapangannya tidak sembarangan dibuat, lho. Ada standar khusus untuk ukuran lapangan voli, begitu juga dengan ukuran tiang dan net beserta ukuran bola voli.

Gambar Lapangan Bola Voli

ukuran lapangan permainan bola voli
Sumber: https://moondoggiesmusic.com/

Berikut ukuran standar lapangan bola voli:

  • Panjang lapangan voli sepanjang 18 meter
  • Lebar lapangan voli selebar 9 meter
  • Area service dalam lapangan voli sebesar 3 meter
  • Lebar untuk garis serang lapangan voli selebar 3 meter
  • Lebar garis tengan lapangan voli selebar 5 cm

Berikut ukuran standar tiang voli dan net:

  • Untuk perempuan, tinggi tiang net setinggi 2,24 meter
  • Untuk laki-laki, tinggi tiang net setinggi 2,43 meter
  • Tinggi antenanya 80 cm
  • Bentuk persegi net berukuran
  • Jarak tiang net dengan daerah pinggir lapangan voli sejauh 0,6 meter
  • Pita bagian tepi samping dan tepi atas net berukuran 5 cm

Gambar Bola Voli

Ukuran standar bola voli
Sumber: http://www.tintapendidikanindonesia.com/

Berikut ukuran standar bola voli:

  • Bentuk dari bola voli yang digunakan harus bulat dan memiliki kombinasi warna
  • Ukuran diameter dari bola voli yaitu 65 – 67 cm dengan massa bola sebesar 260 – 280 gram
  • Tekanan udara di dalam bola voli sebesar 294,3 – 318,82 mbar/hPa
  • Bahan yang digunakan dalam pembuatan bola voli harus berasal dari kulit lunak atau bisa menggunakan bahan sintetis

Setelah kalian mengetahui pengertian, sejarah, peraturan, ukuran lapangan, serta teknik permainan bola voli, tentu hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah berlatih dengan rajin. Semakin sering kalian berlatih, semakin mahir terasa skill kalian.

Sekian informasi tentang materi teknik permainan bola voli, semoga bermanfaat sob.

 

Leave a Reply