Bintang Deska Seseorang yang suka berselancar di dunia digital dan belajar hal-hal yang baru.

15+ Permainan Bola Kecil 2019 (Yang Terpopuler di Dunia)

6 min read

Cabang olahraga (cabor) permainan bola pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian yaitu bola kecil dan bola besar. Sebagian besar cabang olahraga yang menggunakan bola kecil ini disebut sebagai permainan. Hal ini karena olahraga ini lebih bertujuan untuk kesenangan semata.

Mungkin bagi sebagian sobat pembaca tidak asing dengan beberapa permainan, contohnya seperti tenis meja, tenis lapangan, golf, dan bola kasti. Lantas apakah hanya itu jenis olahraga yang menggunakan bola kecil? Tentu tidak.

Berikut beberapa permainan bola kecil lainnya yang sudah cukup populer di Indonesia maupun di dunia.

Check it out.

Pengertian Permainan Bola Kecil

Pengertian Permainan Bola Kecil
Sumber gambar: Pexels.com

Mungkin beberapa dari sobat pembaca masih belum tahu apa itu permainan bola kecil?

Permainan bola kecil merupakan permainan dalam cabang olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil sebagai alat utamanya. Permainan ini membutuhkan alat pendukung seperti raket, bet, tongkat, dll.

Dalam permainannya, terdapat aturan-aturan cara main yang cenderung baku, begitu juga dengan lama waktu permainan yang terbatas.

Beberapa orang beranggapan bahwa permainan ini sudah ketinggalan zaman, sehingga biasanya yang memainkan bola kecil adalah anak-anak SD.

Untuk anak SMP maupun anak SMA, sudah jarang ditemui anak sekolah yang memainkan permainan ini, terutama kasti.

Padahal apabila kita lihat dari segi perkembangan anak, permainan ini sangat bagus untuk meningkatkan tumbuh kembang anak dan juga kemampuan seperti kecepatan, kekuatan, kelincahan, daya tahan otot, koordinasi, kelentukan serta baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung.

Selain itu juga dapat melatih sikap disiplin, kerjasama, taat terhadap peraturan, dan sportifitas.

Dalam dunia pendidikan, olahraga jenis ini juga dapat merangsang keinginan dan hasrat gerak anak agar tidak terjadi penyakit yang diakibatkan kurang gerak (hipokinetik)

Meski demikian, beberapa jenis permainan lainnya seperti tenis meja, tenis lapangan, bilyard, sepak takraw, dan sejenisnya masih banyak diminati bahkan diperlombakan baik dalam tingkat nasional maupun internasional.

Macam-macam Permainan Bola Kecil

Macam-macam permainan bola kecil
Sumber gambar: kata.co.id

Permainan olahraga yang menggunakan bola kecil sebagai objek utamanya ini memiliki banyak sekali cabangnya. Berikut beberapa cabang permainan bola kecil beserta keterangan gambarnya yang dilengkapi dengan penjelasannya yang berhasil kami rangkum.

1. Tenis Lapangan

Permainan bola kecil tenis lapangan
Sumber gambar: Pexels.com

Tenis lapangan adalah salah satu permainan yang membutuhkan minimal dua orang pemain dalam satu pertandingan. Untuk memainkannya, pemain membutuhkan raket yang dikhususkan untuk olahraga tenis lapangan.

Bola yang digunakan pada tenis lapangan, memiliki ukuran yang kecil dan terbuat dari bahan karet yang diisi udara di dalamnya agar dapat memantul ketika terkena raket maupun lantai lapangan.

Tenis lapangan menggunakan net sebagai pemisah antar pemain. Cabor ini dapat dimainkan secara tunggal maupun ganda.

2. Tenis Meja

Permainan bola kecil tenis meja
Sumber gambar: Pexels.com

Cara permainan dari tenis meja sendiri hampir mirip dengan tenis lapangan. Yang membedakan ialah arena yang digunakan dan alat pemukulnya.

Permainan tenis meja menggunakan meja khusus tenis meja dengan pemukul yang disebut dengan bet. Slat pemukul ini tebuat dari kayu yang dilapisi dengan lapisan khusus dari karet dipermukaannya.

Permainan ini dapat dimainkan secara tunggal ataupun ganda. Ukuran bola ping-pong yang digunakan memiliki diameter 40 mm. Aturan dari permainan ini yaitu bola yang memantul dari meja harus satu kali pantulan.

3. Golf

Permainan bola kecil golf
Sumber gambar: Pexels.com

Golf merupakan salah satu permainan yang cukup populer di kalangan kelas atas. Meskipun peralatan yang dibutuhkan masih memiliki harga yang terjangkau, namun permainan ini membutuhkan lapangan yang sangat luas, dan apabila menyewa tempatnya akan sangat mahal, yaitu sobat bisa merogoh saku hingga 5,5 juta.

Harga yang kami dapatkan referensinya dari kompas.com tersebut sudah termasuk peralatan golf, dll. Ukuran bola golf yang digunakan yaitu berukuran 50 mm.

Bola ini terbuat dari karet dengan lapisan fiber di permukaanya. Untuk memainkan permainan golf, pemain membutuhkan tongkat atau stick golf.

4. Baseball

Permainan bola kecil baseball
Sumber gambar: Pexels.com

Permainan baseball merupakan permainan yang cara mainnya bisa dikatakan mirip dengan bola kasti. yang membedakannya yaitu bola yang digunakan lebih berat dan keras. Oleh karenanya, pemain baseball membutuhkan pakaian khusus serta pelindung kepala.

Berat bola baseball sendiri yaitu 178 gram dengan diameter 7,3 cm.

Secara singkat, cara memainkannya yaitu pemain harus memukul bola baseball yang telah dilempar oleh lawan. Apabila bola tersebut terkena pukul oleh kawan, pemain bergegas lari secepat mungkin menuju basement yang terletak di sudut-sudut lapangan.

Basement ini berjumlah empat buah. Selanjutnya tugas dari lawan sendiri adalah melempar bola kembali ke arah pemukul sebelum pemain tersebut mencapai basement.

BACA JUGA: 4 Teknik Dasar Olahraga Lompat Tinggi (Dilengkapi Gambar dan Video)

5. Cricket (kriket)

Permainan bola kecil kriket
Sumber gambar: Pexels.com

Kriket adalah salah satu cabang olahraga yang cukup populer di dunia yang mirip dengan kasti, softball maupun baseball. Bola yang digunakan dalam permainan kriket ini dibungkus dengan laon yang menyebabkan bola tersebut tidak berbentuk bulat lagi.

6. Bola Kasti

Permainan bola kecil kasti
Sumber gambar: desonline.org

Pemainan bola kasti ini sering dimainkan oleh anak-anak di kampung ataupun di sekolahan sebagai mata pelajaran olahraga. Permainan ini dilakukan secara berkelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari dua tim yang bertanding.

Ukuran bola kasti hampir mirip dengan bola tenis lapangan. Alat yang digunakan untuk memukul bola yaitu terbuat dari kayu.

7. Bilyard

Permainan bola kecil bilyard
Sumber gambar: kaskus.co.id

Bilyard merupakan permainan yang menggunakan bola dengan jumlah tertentu. Bola yang digunakan dalam permainan ini tergolong cukup berat dan keras. Permainan bilyard menggunakan meja khusus dengan enam lubang yang tersebar pada setiap sisi-sisinya.

Cara memainkan yaitu dengan cara memasukkan bola ke lubang menggunakan ujung stick. Berbeda dengan permainan olahraga lainnya, permainan ini lebih mengandalkan strategi permainan dan konsentrasi dibandingkan dengan fisik.

8. Sepak Takraw

Permainan bola kecil sepak takraw
Sumber gambar: Tirto.id

Cabang olahraga selanjutnya yang sering dilombakan dalam tingkat nasional maupun internasional yaitu sepak takraw. Olahraga ini sangat mengandalkan fisik dan teknik tendangan.

Bisa dikatakan olahraga sepak takraw merupakan campuran dari permainan sepak bola dan bola voli. Dalam sepak takraw, pemain sangat dilarang untuk menyentuh bola dengan menggunakan tangan.

Bola yang digunakan merupakan bola ringan yang terbuat dari jalinan rotan.

9. Bulu Tangkis

Permainan bola kecil bulu tangkis
Sumber gambar: Penemu.co

Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga (cabor) yang sering dimainkan baik di Indonesia maupun di dunia. Bola yang digunakan dalam olahraga ini berupa cock (kok) yang terbuat dari bulu angsa yang memiliki susunan kerucut terbuka.

Biasanya dalam latihan yang tidak resmi, sering kali menggunakan cock plastik.

Dalam permainan bulu tangkis, terbagi menjadi lima partai yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan juga ganda campuran. Alat pemukul yang digunakan dalam bulu tangkis atau badminton yaitu racket khusus.

Racket ini biasanya memiliki komposisi serat karbon dan terdapat senar yang dipasang pada racket untuk memantulkan cock.

10. Softball

Permainan bola kecil softball
Sumber gambar: Pexels.com

Softball merupakan permainan olahraga yang ditemukan di Chicago, Amerika Serikat oleh Hancock, tepatnya pada tahun 1887. Awalnya permainan ini dimainkan di ruangan tertutup. Seiring perkembangan zaman, pada tahun 1930, softball dimainkan di ruangan terbuka.

Di Indonesia sendiri, permainan ini sangat mirip dengan bola kasti, akan tetapi softball lebih membutuhkan ketangkasan dan juga membutuhkan strategi pemikiran yang matang.

Secara singkat, cara memainkan softball ini yaitu pemain (pemukul) memukul bola yang dilemparkan oleh pelempar bola (pitcher) dengan alat pukul bat. 

Pelempar bola memiliki tugas di tengah lapangan, sedangkan anggota regu lainnya bertugas di tiga homebase, 4 berada di luar lapangan dan satu lagi di home plate.

Nah, pemain yang bertugas memukul harus bisa mengelilingi semua base yang ada sebelum bola mengenai base yang akan dituju olehnya. Seorang pemain yang bertugas memukul dapat menolak lemparan bola yang ia rasa tidak sesuai.

Meski demikian, lemparan ketiga wajib ia pukul.

Perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan ini yaitu glove (pelindung tangan), bola softball, alat pemukul, body protector, masker, lapangan yang sesuai standar, dan juga leght guard.

11. Hockey

Permainan hockey

Permainan hockey bisa dikatakan mirip dengan sepak bola, akan tetapi bola yang digunakan pada olahraga ini berukuran lebih kecil dan menggunakan stick hockey sebagai alat pemukulnya.

Permainan ini dapat dimainkan di tiga area yang berbeda, seperti di lapangan (field hockey), di lapangan es (ice hockey), dan di ruangan (indoor hockey).

12. Tolak Peluru

Permainan tolak peluru
Sumber gambar: desonline.org

Tolak peluru merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang menggunakan bola berukuran kecil. Olahraga jenis ini masuk ke dalam kategori nomor lempar.

Cara memainkannya pun cukup mudah, yaitu atlet diharuskan untuk melempar bola besi sekuat tenaga dan sejauh mungkin. Meskipun terlihat mudah, dibutuhkan teknik khusus untuk melemparnya sehingga menghasilkan lemparan yang maksimal dan jauh.

Cabor ini sudah sering dipertandingkan di tingkat nasional maupun internasional. Bahkan di beberapa sekolah, terdapat materi pelajaran olahraga khusus yang mengajarkan mengenai tolak peluru.

13. Kippers

Permainan kippers
Sumber gambar: desonline.org

Permainan ini sepintas mirip dengan bola kasti. Dalam permainan ini, kippers pemukul bertugas sekaligus sebagai pelambung atau pelempar bola.

Permainan yang terdiri dari 12 orang pemain ini, memiliki peraturan yang mewajibkan setiap pemain untuk berhenti berlari saat bola yang dilempar tim penjaga melewati garis pukulan.

14. Squash

Permainan Squash
Sumber gambar: desonline.org

Squash merupakan suatu permainan dimana terdapat dua orang yang saling memukul bola menggunakan raket ke arah dinding di depannya. Pukulan ini akan berlanjut terus hingga ada salah satu orang yang tidak mampu mengembalikan bola lagi.

Permainan yang berasal dari Inggris ini sangat jarang dimainkan di Indonesia.

15. Rounders

Permainan rounders
Sumber gambar: desonline.org

Pada permainan rounders, terdapat gerakan melempar, menangkap, dan memukul bola. Permainan ini cukup mirip dengan kasti dan dimainkan beregu. Dalam satu pertandingan terdapat dua regu atau tim, dimana masing-masing regu tersebut terdiri dari 9-12 pemain.

Pemain dituntut untuk lihai dan lincah dalam menghindari bola yang akan menyentuhnya. Pemain yang berhasil memukul bola, diharuskan berlari mengelilingi lapangan.

Nah, tim yang berhasil mengelilingi lapangan lebih banyak itulah yang akan keluar sebagai pemenangnya.

BACA JUGA: 3 Teknik Dasar Lari Jarak Pendek (Lengkap dengan Gambar dan Videonya)

16. Lacrosse

Permainan Lacrosse
Sumber gambar: Pexels.com

Permainan ini menggunakan tongkat berjaring yang disebut dengan crosse untuk memukul bola. Panjang tongkatnya sendiri yaitu 3-4 kaki. Sedangkan bola yang digunakan biasanya terbuat dari kulit rusa yang diisi dengan bulu.

Aturan umum dari lacrosse yaitu dalam pertandingan terdiri dari 2 tim yang masing-masing tim beranggotakan 10 orang. 10 pemain tersebut memiliki tugas yang berbeda beda, satu pemain bertugas menjaga gawang, tiga pemain bertahan, tiga pemain tengah dan tiga pemain penyerang.

Dalam satu kali pertandingan, terdapat tiga babak, dimana setiap babak akan berlangsung selama 20 menit. Sebuah tim dalam pertandingan lacrosse dikatakan menang, apabila tim tersebut berhasil memasukkan bola ke gawang lawannya lebih banyak.

Permainan ini cukup populer di Inggris, Amerika, Kanada, Australia, dan Hongkong.

Sekian informasi mengenai macam-macam permainan bola kecil yang populer dimainkan di dunia. Apabila ada pertanyaan, sobat bisa bertanya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Bintang Deska Seseorang yang suka berselancar di dunia digital dan belajar hal-hal yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *